Intip Jeroan MotoE, Mirip CPU Komputer di Ruang Mesin

Kalau dalam kondisi tertutup fairing, mungkin Sobat Zonbie hanya akan menyangka jika motor balap listrik Energica Ego Corsa untuk ajang FIM Enel MotoE 2019 layaknya motor balap biasa.

Tentu dengan pengecualian, absennya suara bising dan knalpot, serta posisi sokbreker belakang yang bersudut tegak keluaran Ohlins.

Tetapi Sobat Zonbie bakal terkejut melihat tampilan bagian dalam, alias jeroan dari Energica Ego Corsa. Sebab alih-alih melihat mesin dengan komponen mekanikalnya yang rumit, maka di Energica Ego Corsa, semua berganti jadi komponen elektrikal. Bahkan sepintas mirip peranti CPU pada komputer Sob.

Yup, seperti dikutip Speedweek, terlihat jelas kotak ‘CPU’ di dalam sasis tubular perimeter yang ternyata adalah baterai berdaya 20 kWh seberat 100 kg! Bobot baterai inilah yang jadi penyumbang berat terbesar MotoE yang punya total 260 kg.

Dari foto motor yang tengah dibongkar di sesi tes Jerez, Spanyol beberapa waktu lalu ini juga menunjukan ECU di bagian atas baterai yang juga berbentuk kotak dengan kabel-kabel yang besar.

Selain itu, dengan motor penggerak roda bertenaga hingga 108 ps ini terbilang besar dan ditanam di belakang baterai. Hal ini yang membuat sokbreker belakang Ohlins terpasang tegak di sisi kanan motor.

Comments
Shares