Thursday, January 28, 2021

Jadwal MotoGP 2020, Dorna Siapkan Skenario Balapan Tanpa Penonton

Jadwal MotoGP 2020 belum ada kepastian kapan akan digelar terkait wabah covid 19 yang menyebar ke berbagai belahan dunia. Dorna Sport selaku penyelenggara balapan MotoGP pun mempersiapkan skenario balapan MotoGP tanpa penonton.

Wabah covid-19 yang menghantam seluruh dunia membuat seri perdana balapan motor paling bergengsi di dunia ini pun terpaksa dibatalkan. Jadwal MotoGP 2020 seri pembuka yang sedianya digelar pada Maret silam di Losail, Qatar, terpaksa dibatalkan terkait derasnya penyebaran virus corona. Bahkan seri-seri selanjutnya pun terpaksa ditunda.

Sejak seri pembuka setidaknya ada 5 seri MotoGP yang ditunda atau dibatalkan terkait pemberlakukan lockdown di beberapa negara tuan rumah MotoGP. Bahkan untuk mengisi kekosongan, Dorna pun menggelar balapan MotoGP secara virtual melalui video game yang diikuti oleh beberapa pembalap dari rumah masing-masing.

Namun balapan secara virtual jelas tak bisa menggulirkan roda bisnis pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Dorna pun menyiapkan skenerio balapan tertutup tanpa penonton dan hanya ada beberapa personel penting saja di tiap tim. Untuk itu Dorna pun harus mendapatkan izin dari pemerintah setempat sebelum balapan tertutup itu benar-benar digulirkan.

Terkait perizinan, Dorna harus memberikan informasi lengkap kepada pihak berwenang terkait, misalnya jumlah orang yang akan terlibat dan dari negara mana mereka datang. Karena itu, Dorna pun mengirimkan surat ke seluruh tim terkait hal tersebut agar tim bisa mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini.

Latest Update