Thursday, October 1, 2020

Jadwal MotoGP 2020, Dorna Siapkan Skenario Balapan Tanpa Penonton

Jadwal MotoGP 2020 belum ada kepastian kapan akan digelar terkait wabah covid 19 yang menyebar ke berbagai belahan dunia. Dorna Sport selaku penyelenggara balapan MotoGP pun mempersiapkan skenario balapan MotoGP tanpa penonton.

Wabah covid-19 yang menghantam seluruh dunia membuat seri perdana balapan motor paling bergengsi di dunia ini pun terpaksa dibatalkan. Jadwal MotoGP 2020 seri pembuka yang sedianya digelar pada Maret silam di Losail, Qatar, terpaksa dibatalkan terkait derasnya penyebaran virus corona. Bahkan seri-seri selanjutnya pun terpaksa ditunda.

Sejak seri pembuka setidaknya ada 5 seri MotoGP yang ditunda atau dibatalkan terkait pemberlakukan lockdown di beberapa negara tuan rumah MotoGP. Bahkan untuk mengisi kekosongan, Dorna pun menggelar balapan MotoGP secara virtual melalui video game yang diikuti oleh beberapa pembalap dari rumah masing-masing.

Namun balapan secara virtual jelas tak bisa menggulirkan roda bisnis pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Dorna pun menyiapkan skenerio balapan tertutup tanpa penonton dan hanya ada beberapa personel penting saja di tiap tim. Untuk itu Dorna pun harus mendapatkan izin dari pemerintah setempat sebelum balapan tertutup itu benar-benar digulirkan.

Terkait perizinan, Dorna harus memberikan informasi lengkap kepada pihak berwenang terkait, misalnya jumlah orang yang akan terlibat dan dari negara mana mereka datang. Karena itu, Dorna pun mengirimkan surat ke seluruh tim terkait hal tersebut agar tim bisa mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini.

“Dalam skenario yang sekarang kami renungkan, akan ada balapan tertutup dengan kemungkinan beberapa personel tim berada di sirkuit,” ucap Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, seperti dikutip Crash.net dari AS.com.

Dorna tengah mempersiapkan protokol bersama otoritas terkait seperti Dewan Olahraga di Spanyol dan Komite Olimpiade di Italia, selalin laboratorium yang mampu melakukan kontrol kesehatan para penghuni paddock. Bahkan Dorna telah menugaskan perusahaan yang dimiliki Bridgepoint (juga milik Dorna) terkait kemungkinan melakukan 10,000 uji virus corona kepada seluruh keluarga MotoGP sebelum dan sesudah balapan.

Perkiraan sebelumnya akan ada 1,000 orang staf inti yang diperlukan untuk melaksanakan balapan terutup tersebut. Sejauh ini Ezpeleta mengungkapkan setidaknya akan ada 40 orang dalam tim pabrikan dan 25 orang di tim satelit.

Sejauh ini, jadwal MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring yang akan dihelat pada 21 Juni mendatang dijadwalkan jadi seri pembuka. Lalu pada 28 Juni di sirkuit Assen, Belanda, meski pihak Dorna sendiri belum memutuskan apakah kedua sirkuit tersebut akan digelar balapan tertutup atau tidak.¬†“Pada 27 April, kami akan berbicara dengan Jerman dan Belanda untuk memutuskan skenario balapan pada akhir Juni,” ucap Ezpeleta.

“Kemudian yang berikutnya di Finlandia, Juli, tetapi itu masih rumit. Tergantung MotoGP Jerman. Skenario yang paling optimistis akan dimulai di Jerman, tetapi itu sulit, kami harus menunggu,” kata Ezpeleta.

Jadwal MotoGP 2020 (TERBARU)

MotoGP Qatar (8 Maret, hanya Moto2 dan Moto3)

MotoGP Spanyol (3 Mei, ditunda)

MotoGP Prancis (17 Mei, ditunda)

MotoGP Italia (31 Mei, ditunda)

MotoGP Catalunya (7 Juni)

MotoGP Jerman (21 Juni)

MotoGP Belanda (28 Juni)

MotoGP Finlandia (12 Juli – Proses Homologasi)

MotoGP Ceko (9 Agustus)

MotoGP Austria (16 Agustus)

MotoGP Inggris (30 Agustus)

MotoGP San Marino (13 September)

MotoGP Aragon (27 September, dimajukan untuk GP Thailand)

MotoGP Thailand (4 Oktober, Jadwal sebelumnya 22 Maret)

MotoGP Jepang (18 Oktober)

MotoGP Australia (25 Oktober)

MotoGP Malaysia (1 November)

MotoGP Americas (15 November, Jadwal sebelumnya 5 April)

MotoGP Argentina (22 November, Jadwal sebelumnya 19 April)

MotoGP Valencia (29 November, dimundurkan untuk GP Americas dan Argentina)

Latest Update

Ajak Pelajar Praktik Perbengkelan, Pertamina Lubricants Luncurkan Enduro Express di SMK Yosonegoro Magetan

PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V bersinergi dengan PT Nitro Pratama Indonesia (PT NPI), ajak pelajar praktik perbengkelan. Dalam hal ini, PT Pertamina Lubricants...

Francesco Bagnaia Resmi Perkuat Ducati Corse Tahun Depan

Tim balap MotoGP Ducati Corse, pastikan Francesco Bagnaia bakal memperkuat tim pabrikan tersebut bersama Jack Miller. Sebagaimana diketahui, sebelumnya baik Bagnaia dan Miller pernah memperkuat...

PRB Chapter Lampung Resmi Mendeklarasikan Diri

Pasemotonan Riders Bali (PRB), semakin melebarkan sayapnya. Akhir pekan lalu (27/9), PRB Chapter Lampung resmi berdiri. Pasemotonan Riders Bali mulanya, merupakan kumpulan bikers yang merupakan...

BMW G 310 Series Terbaru Siap Meluncur Awal Bulan Oktober

BMW G 310 series terbaru dipastikan akan meluncur pada awal bulan Oktober 2020 ini. Hal ini terungkap dalam, beberapa teaser yang tersebar di jagad...

GCN Chapter Garut Rayakan HUT Pertama Dengan Semangat ‘Kertas’

Merayakan hari jadi yang pertama, GCN Chapter Garut adakan tasyakuran sekaligus pencanangan diri sebagai bagian dari keluarga besar GSX Community Nusantara. Dengan mengusung tema 'Kertas'...