Jaga Bodi Motor Nggak Kusam Meski Musim Hujan

Di musim hujan seperti sekarang ini, potensi bodi motor makin kusam sangat besar Sobat Zonbie. Kerak bekas hujan, lalu debu bekas hujan di jalan bisa bikin motor kusam. Dan berikut tips yang bikin motor tetap kinclong, meski hujan.

Paling gampang dengan rutin mencuci motor. Paling tidak agar tampak tetap mengilap, biasakanlah mencuci motor minimal seminggu dua kali. Saat mencuci, pakailah sampo khusus motor dan bukan deterjen.

Kenapa tidak disarankan memakai deterjen? Karena deterjen bisa membuat warna cat motor menjadi mudah kusam dan pudar.

Lalu, jangan malas mencuci bagian detail. Karena ada beberapa komponen metal yang sebenarnya bisa dijaga tetap mengilap. Pakailah sikat gigi bekas dan kuas untuk membersihkan sudut-sudut tak terjangkau pada motor.

Segera cuci setelah terkena air hujan. Ini penting untuk dilakukan segera agar air hujan tidak terlalu lama menempel di bodi motor. Ingat, zat garam dari hujan itu memiliki sifat korosif dan bisa membuat komponen metal motor menjadi berkarat dan bisa membuat cat bodi motor menjadi kusam.

Motor jangan langsung dilap setelah terkena hujan karena debu-debu yang menempel di motor bisa membuat bodi motor menjadi lecet. Siramkan air dulu ke seluruh motor agar debu yang menempel hilang, baru proses mencuci motor dilakukan.

Terakhir, carilah tempat parkir motor yang teduh. Jangan biarkan motor diparkir di tempat yang terpapar sinar matahari langsung agar cat tidak kusam.

Comments
Shares