Jangan Gunakan Rem Depan Ketika Riding Di Kondisi Ini Karena Berpotensi Merugikan Pengendara

Rem Depan

Jangan gunakan rem depan ketika riding dalam dondisi ini, karena berpotensi  merugikan pengendara

Pengendara sepeda motor pastinya membutuhkan teknik dasar berkendara yang baik dan benar karena kondisi jalan raya di Indonesia bervariasi, termaruk penggunaan rem depan dan belakang.

Baca Juga : Waaduhhhh… Indonesia Dapat Teguran Dari Badan Anti-Doping Dunia. Bagaimana Nasib MotoGP dan WSBK Indonesia?

Loading...


Salah satu kondisi jalan raya yang akan sering ditemui oleh pengendara yaitu jalan rusak dan berlubang. Dalam kondisi ini pengendara harus tau kapan rem depan digunakan dan kapan rem belakang yang digunakan.

Menurunkan kecepatan laju motor sesuai kondisi jalan yang dilalui agar tetap seimbang dan tidak tergelincir merupakan teknik dasar paling penting yang harus dilakukan oleh pengendara ketika menemui jalan rusak atau berlubang.

Kondisi jalanan tersebut dapat membahayakan bagi pengendara apabila tidak menggunakan teknik dasar berkendara yang tepat.

Loading...


Baca Juga : Smart Key System Juga Perlu Dirawat, Ini 7 Hal Penting Biar Tetap Awet dan Motor Aman

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma Robby menjelaskan, tidak hanya menurunkan kecepatan laju sepeda motor saja, namun ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan ketika melalui jalanan rusak.

Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan, tujuannya untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan pengendara.

Loading...


Jika guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan seorang pengendara mengalami kecelakaan semakin besar.

Baca Juga : 6 Peribahasa Yang Cocok Dengan Karakter Anggota Komunitas, Kamu Nomor Berapa ?

Apabila kecepatan sudah sesuai dan guncangan pada motor tidak berbahaya, penglihatan juga harus fokus pada arah tujuan kita ketika berkendara. Kemudian pastikan kendali stang lebih kuat agar sepeda motor kita bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang rusak.

Loading...


“Jangan sampai lepas kendali karena akan menjadi lebih sulit mengontrol dan guncangan yang diterima oleh tangan kita juga akan lebih kuat,” kata Ludhy.

Ketika berada di kecepatan rendah, melewati kondisi jalan yang rusak tidak disarankan untuk menggunakan rem depan namun bisa menggunakan rem belakang. Penggunaan rem belakang ini akan mengurangi resiko low slide atau tergelincir ketika sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir.

Gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini dan selalu melihat speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan kita agar tetap dalam batas kecepatan wajar.

Loading...


Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cidera ketika mengalami kecelakaan, sebelum kita berkendara, pastikan bahwa kita menggunakan selalu helm, jaket dan masker saat berkendara untuk selalu #Cari_Aman,” tutup Ludhy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here