Berangkat Kopdar

Jangan Lupa Sob, Ini Yang Mesti Dibawa Bikers Saat Berangkat Kopdar

Salah satu kegiatan yang paling rutin dilaksanakan oleh para bikers bersama komunitasnya adalah Kopi Darat (Kopdar), kegiatan ini umumnya dilaksanakan pada waktu akhir pekan. Nah kali ini Zonbie akan membahas apa saja sih yang mesti dibawa oleh seorang bikers ketika akan berangkat kopdar?

Terdengar simple mungkin tapi bikers juga seorang manusia yang tidak luput dari yang namanya lupa alias tidak ingat. Dalam artikel ini Zonbie telah merangkum beberapa barang yang wajib dibawa oleh seorang bikers saat berangkat kopdar. Yuks kita simak satu persatu.

Berangkat Kopdar

Kelengkapan surat kendaraan

Yang namanya bikers berangkat menuju lokasi kopdar pastinya akan mengendarai sepeda motor, bisa saja sih tidak bawa motor naik angkutan umum, ojek atau bawa mobil bahkan menumpang pada teman saat motor sedang bermasalah.

Saat akan mengendarai motor untuk kopdar pastikan Sobat Zonbie sudah menyiapkan surat-surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Tidak perlu bawa Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan juga faktur pembelian Sob. Ingat ini berangkat kopdar bukan berangkat perpanjang STNK di SAMSAT.

Uang

Bikers bersama komunitasnya saat ini sering melakukan kopdar di café, restoran cepat saji ataupun tempat yang ramai lainnya. Sangat tidak mungkin sekali Sobat Zonbie tidak membeli sesuatu atau jajan dilokasi kopdar hanya karena tidak membawa uang.

Uang sangat penting dibawa, selain untuk jajan, beli bensin hingga mentraktir lady bikers yang jadi gebetan Sobat Zonbie.  Jika tidak bawa uang pastikan Sobat Zonbie membawa kartu ATM tapi pastikan masih ada saldo di rekeningnya. Usahakan bijak dalam mengeluarkan uang, ingat setelah kopdar esoknya Sobat Zonbie juga masih punya kebutuhan lainnya loh.

Berangkat Kopdar

Handphone

Gadget satu ini wajib dibawa dan jangan sampai ketinggalan, jika sampai ketinggalan bersiap saja kopdar Sobat Zonbie akan jadi hambar. Kenapa bisa? Handphone saat ini sudah canggih Sob dilengkapi dengan kamera yang memungkinkan Sobat Zonbie melakukan Selfie ataupun foto bersama dengan teman-teman komunitas hingga membuat video keseruan kopdar.

Tidak cuma itu Sob, handphone juga bisa membantu Sobat Zonbie kala dibutuhkan masukan ide saat forum atau rapat komunitas saat kopdar. Kala pikiran sedang buntu, pastikan kuota data mencukupi untuk mencari ide di mesin pencarian Google atau jika pulsa mencukupi Sobat Zonbie bisa memilih “Phone a Friend” untuk membantu memberikan ide.

Barang titipan teman

Nah yang ini jangan sampai lupa nih Sob, pastikan Sobat Zonbie membawa barang yang  teman Sobat Zonbie titipkan atau Sobat Zonbie pada kopdar sebelumnya telah berjanji akan memberikan sesuatu kepada  teman barang tersebut wajib dibawa.

Sebelum berangkat kopdar sebaiknya ingat-ingat terlebih dahulu, adakah janji akan membawa sesuatu yang akan diberikan kepada teman atau tidak. Jika tidak ada segeralah berangkat kopdar, mungkin nanti dilokasi kopdar teman Sobat Zonbie bisa membantu mengingatkan.

Toolkit standar

Barang satu ini juga wajib Sobat Zonbie bawa, toolkit standar seperti tang, obeng, kunci pas atau kunci ring sangat berguna saat barangkali Sobat Zonbie mengalami masalah pada motor. Atau bahkan bisa saja Sobat Zonbie membantu teman atau orang lain saat dijalan atau dilokasi kopdar.

Toolkit standar juga sangat berguna saat terjadi transaksi barter atau tukar tambah part aksesoris dengan teman satu komunitas. Tidak perlu ribet mencari dan meminjam obeng atau kunci kepada orang lain atau bengkel yang berada disekitar lokasi kopdar.

Bawa helm cadangan

Kenapa perlu bawa helm cadangan? Yang namanya segala kemungkinan itu ada Sob. Negatifnya saat sedang asik kopdar bersama rekan komunitas, tidak disadari helm yang Sobat Zonbie gunakan saat berangkat menuju lokasi kopdar, telah berpindah tangan ke orang yang tidak bertanggung jawab.

Positifnya bisa saja ada seseorang yang ingin menumpang dengan Sobat Zonbie, bisa teman komunitas atau seseorang yang Sobat Zonbie kagumi saat pertama melihatnya dilokasi kopdar. Cihuy kan?

Nah itu tadi beberapa barang yang wajib dibawa oleh seorang bikers saat akan berangkat kopdar. Tentunya masih banyak lagi yang mesti dibawa oleh Sobat Zonbie, jika Sobat Zonbie ada ide lainnya bisa sampaikan dikolom komentar ya.

Comments
Shares