Jawa 350 Special Siap Reinkarnasi, Jadi Lawan Royal Enfield di Pulau Jawa?

Sobat Zonbie yang anak millenial mungkin asing dengan motor merek Jawa. Eits, ini bukan motor nasional asal Pulau Jawa Indonesia. Tapi ini motor asal Rep. Ceko dengan nama komplet Janecek Wanderer yang lahir tahun 1929. Dan kabarnya, salah satu modelnya, yakni Jawa 350 Special akan kembali dihidupkan.

Kembali ke tahun 2016 setelah diambil alih oleh perusahaan motor India yaitu Mahindra Jawa berniat menghidupkan motor-motor lawas Jawa untuk menghadang laju Royal Enfield di pasar India dan Asia Tenggara. Sehingga tak menutup kemungkinan hadir di Indonesia dan Pulau Jawa Sobat Zonbie.

Kembali ke Jawa 350 Special, motor ini tampil gahar dengan tongkrongan ala cafe racer. Hal ini tercermin dari bodinya yang full fairing dan penggunaan single seat cover buntut tawon. Uniknya, sosok asli Jawa 350 sendiri tidak mengunakan fairing. Namun secara sasis, Jawa 350 Special masih sama seperti versi orisinalnya.

Sayangnya, jika ditilik dari spek mesinnya Jawa 350 Special menggunakan mesin asal Cina yang mirip dengan Shineray XY400. Mesin motor yang juga dipakai di banyak model, di Inggris sendiri mesin ini sudah ada di merek Mash TT400. 

Jawa 350 Special memiliki mesin berkapasitas 397cc bertenaga 28 dk per 6500 rpm.  Bobot bersih motor tersebut kisaran 170 kg dengan kapasitas tangki berisi 17 liter, atau 10 kg lebih berat dari model nakednya.

Comments
Shares