Thursday, January 21, 2021

Joel Mastana Rangsang Peturing Lintas Negara Dengan Kemudahan Pembuatan Carnet

Dalam event silaturahmi bikers yang dibalut dengan buka puasa bersama antar bikers dan komunitas bertajuk Road to ASEAN Bikers Gathering 2019. Hadir pula Joel Mastana dari IMI Mobilitas Indonesia mewakili dari IMI Pusat.

Dikesempatan tersebut Joel Mastana mensosialisakan pembuatan Carnet de Passage En Duoane (CPD) yang merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki bagi para petualang sebelum melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotornya.

“Untuk para petualang kendaraan bermotor keliling dunia atau lintas batas antar negara, Carnet De Passage En Douane (CPD) mutlak dibutuhkan. CPD adalah paspor bagi kendaraan yang akan dipergunakan untuk keliling dunia atau lintas batas antar negara.” Ungkap Joel.

Di waktu yang sama Joel juga menyampaikan bahwa, pengurusan CPD bisa dilakukan di masing-masing pengurus daerah IMI sesuai dengan domisili pemohon atau bisa juga di IMI Pusat di Jakarta.

Ditambahkan oleh Joel saat ini bikers dari luar negeri bisa membuat CPD di IMI tentunya hal ini sangat memudahkan para bikers baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk bisa saling berkunjung touring lintas negara.

Berikut adalah Prosedur Penerbitan Carnet De Passed En Douane:

  1. Mengisi form permohonan secara lengkap dan membeli blanko dokumen CPD Carnet.
  2. Menunjukkan Paspor, SIM dan KTA IMI yang asli dan masih berlaku, serta menyerahkan foto copinya. (yang belum mempunyai KTA IMI bisa mengurusnya di sekretariat IMI sesuai dengan domisili).
  3. Menunjukkan faktur pembelian motor, BPKB dan STNK kendaraan yang asli dan masih berlaku serta menyerahkan foto copinya.
  4. Menunjukkan kendaraan yang akan mempergunakan fasilitas CPD, serta menyerahkan foto kendaraan, foto nomer mesin dan foto nomer rangka, masing-masing ukuran 8X13Cm.
  5. Menyerahkan surat persetujuan pemeriksaan fisik dan blanko dokumen CPD Carnet.
  6. Membayar uang jaminan penerbitan CPD dan akan dikembalikan ketika kembali ke tanah air sekaligus mengembalikan CPD Carnet Ke IMI.

Biaya pembuatan CPD ini bergantung pada jenis CPD yang diterbitkan sesuai dengan kebutuhan pemohon harga disampaikan Joel mulai dari Rp 1.250.000 untuk CPD 5 lembar, Rp 2.000.000 untuk CPD 10 lembar dan Rp 4.000.000 untuk CPD 20 lembar.

Latest Update