Kalau Motor Jarang Digunakan, Lakukan Hal Ini Biar Motor Tetap Prima

Motor Yamaha Cygnus Gryphus 2022 4

ZONABIKERS.COM – Ada saatnya motor akan berada dalam waktu yang lama di garasi. Kondisi tersebut bisa memengaruhi kondisi dan performa motor jika terlalu lama dibiarkan tanpa pernah digunakan.

Nah, jika Sobat Zonabikers berada dalam kondisi seperti itu, ada saran dari Yamaha Bali tentang cara merawat motor yang jarang digunakan, supaya mesin dan performanya tetap prima ketika sewaktu-waktu akan dipakai kembali.

Baca Juga : Nikon Z 9 Akan Update Frameware Ver. 1.10, Buat Motret Balapan Makin Ciamik

Panaskan Mesin Motor

Loading...


Sesekali hidupkan mesin motor untuk sekedar memanaskannya supaya gerak mesin selalu terjaga kelancarannya. Memanaskan mesin juga akan memicu pelumas untuk selalu melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi.

Jika motor dibiarkan mati dalam waktu lama, pelumas atau olinya itu akan mengendap.

Pemanasan ini tak perlu lama-lama, lakukan sekitar 3 hingga 5 menit saja juga sudah cukup.

Loading...


Cek Bagian Rantainya

Selain mesin, hal yang harus perhatikan adalah bagian rantai motor. Sebab bagian ini sangat mudah karatan apalagi jika motor jarang digunakan.

Untuk menghindarinya, keadaannya harus selalu seperti biasa. Tidak kendor dan juga tidak basah karena air. Jika terlihat kering, segera lapisi dengan pelumas supaya korosi pada rantai bisa dicegah.

Loading...


Kuras Tangki Bahan Bakarnya

Saat akan menggunakan motor matic setelah lama didiamkan, yang perlu dilakukan adalah menguras tangki bahan bakarnya. Supaya endapan bensin basi yang ada di dalam tangki bisa dicegah dan dihindarkan.

Jika keadaan ini terjadi, fuel pump pada tangki motor kemungkinan besar akan mengalami kerusakan. Akhirnya, kerja mesin menjadi menurun dan performa motor pun ikutan menurun.

Loading...


Cabut Aki dan Pastikan Tidak Ada Kabel yang Tersambung

Jika berencana untuk tidak menggunakan motor matic dalam jangka waktu lama, sebaiknya cabut aki motor tersebut. Sebagaimana diketahui, aki punya fungsi penting sebagai sumber listrik yang akan digunakan motor untuk bekerja. Nah jika dicabut, aliran listrik di dalam motor akan terhenti.

Selain itu, hanya itu saja, pastikan juga tak ada kabel yang masih terhubung. Sebab jika masih ada yang terhubung, listrik masih mengalir. Memang tidak akan berbahaya, hanya saja hal ini akan membuat aki soak, karena daya listriknya terbuang percuma.

Loading...


Baca Juga : Kamera Zeiss ZX1, Mirrorless Android Seharga Rp 88,5 Juta

Baca Juga : Motor Terbang Speeder Bersiap Lepas Landas. Harganya Setara 160 Unit Nmax Connected ABS

Baca Juga : Drone DJI Mavic 3 Meluncur, Dokumentasi Touring Makin Ciamik Harganya Bisa Dapat 2 Nmax

Loading...


Manfaatkan Layanan Servis Di Rumah

Jika ingin melakukan servis motor tetapi terkendala dengan situasi atau kondisi yang tak memungkinkan untuk membawa motor ke bengkel resmi, maka bisa memanfaatkan layanan servis di rumah yang disediakan pabrikan.

Yamaha sendiri memiliki Service Kunjung Yamaha (SKY) yang disediakan oleh dealer Yamaha terdekat.

Loading...


SKY merupakan layanan resmi dari Yamaha untuk konsumen yang ingin melakukan servis motor di rumah. Untuk konsumen yang ada di daerah Bali bisa hubungi 081246364052 dan jelaskan apa kendala motornya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here