Tuesday, April 20, 2021

Canggih.. Kamera Helm Tilang Elektronik Bisa Identifikasi Wajah

Ditlantas Polda Jawa Tengah akan menggunakan kamera helm tilang elektronik yang bisa identifikasi wajah.

Penggunaan kamera helm tersebut merupakan upaya untuk menunjang pelaksanaan sistem tilang elektronik dimana petugas yang berpatroli di lapangan dibekali dengan kamera helm tilang elektronik tersebut.

Penggunaan kamera helm tilang elektronik pun ditujuan untuk menjangkau wilayah-wilayah yang belum terpasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Selain itu, kamera juga akan dipasangkan di kendaraan mobil petugas yang berpatroli.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Syarifudin mengatakan, hal tersebut bertujuan untuk menjangkau wilayah yang belum terpasang kamera ETLE.

“Inovasi Kamera Portable Penindakan Kendaraan Bermotor (KOPEK) ini untuk mengindentifikasi nopol dan jenis kendaraan yang terintegrasi dengan data Samsat bagi pelanggar lalulintas. Jadi petugas juga tidak perlu membawa surat tilang,” ujarnya, Sabtu (13/3).

Tak hanya mengidentifikasi nopol, kamera helm tilang elektronik ini juga akan mengindentifikasi wajah pengguna motor yang terintegrasi dengan data SIM dan E-KTP.

“Progam Kopek ini untuk menghindari kontak langsung antara petugas dan pelanggar, sehingga tidak terjadi win-win solusion di lapangan,” imbuhnya.

Setelah tertangkap dan terekam Kopek, dan terbukti melanggar, pelanggar akan dikirim surat tilang melalui pos sesuai data yang tertangkap Kopek ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update