Sunday, September 20, 2020

Karakter Anggota Pada Sebuah Komunitas, Kamu Yang Mana Sob?

Must read

Dalam sebuah komunitas kita bisa jumpai banyak orang didalamnya, setiap anggota memiliki karakter yang berbeda pula. Melalui artikel ini Zonbie coba mengajak Sobat Zonbie mengenal karakter-karakter anggota yang berada di dalam sebuah komunitas.

Komunitas merupakan wadah bagi sebagian masyarakat yang memiliki hobi atau pecinta sebuah barang atau kegiatan yang sama. Komunitas yang hadir disebagian kalangan masyarakat memiliki peran positif untuk menyalurkan kegiatan yang disukai secara bersama. Sebut saja komunitas pecinta mobil atau motor brand tertentu, sepeda, fotografi, travel, kuliner, dan lainnya.

Banyaknya komunitas yang hadir di masyarakat membuat sebuah gambaran karakter bagi seorang anggota yang terdapat di dalam sebuah klub ataupun komunitas, berikut ini Zonbie paparkan beberapa karakter yang dimiliki oleh para anggota komunitas.

Anggota sejati

Adalah anggota yang memang memiliki jiwa berkomunitas atau berorganisasi, anggota seperti ini sangat loyal terhadap klub ataupun komunitas yang dia ikuti, terkadang dia berani berkorban waktu, tenaga dan dana hanya untuk menghidupkan komunitasnya. Karakter seperti ini biasanya yang paling aktif di komunitas.

Anggota friendly

Baginya mendaftar sebuah klub ataupun komunitas untuk mencari sahabat, terkadang dia anggap sahabat seperti saudara sendiri. Anggota seperti ini sangat tepat untuk diajak tukar pikiran bahkan di luar urusan klub ataupun komunitas biasanya siap membantu.

Anggota jelangkung

Anggota ini tergolong aktif, tetapi hanya pada saat ada event-event klub ataupun komunitas dia baru muncul, entah info darimana tiba-tiba dia hadir, setelah event dia kembali menghilang.

Anggota diskonan

Adalah anggota yang mendaftar hanya untuk mencari keuntungan dari klub ataupun komunitas, dengan menjadi anggota dia akan banyak medapat benefit salah satunya diskon untuk service kendaraan. Anggota seperti ini biasanya jarang “nongol”. Sekalipun nongol ketika komunitas mendapatkan undangan untuk meramaikan event bazzar.

Anggota medsos

Anggota seperti ini hanya aktif dalam dunia maya atau hanya dalam media sosial saja, karakter anggota ini jarang atau bahkan tidak pernah terlibat dalam kegiatan-kegiatan klub ataupun komunitas, statusnya tetap anggota. Mereka yang memiliki karakter seperti ini hanya ingin menunjukkan eksistensinya bergabung tapi dalam ketika diajak kumpul tidak muncul.

Anggota atribut

Anggota ini adalah yang senang mengoleksi atribut-atribut klub ataupun komunitas, ada satu kebanggaan baginya dapat memiliki bahkan mengoleksi atribut sebuah klub ataupun komunitas, mendaftar sebuah klub ataupun komunitas baginya bagai membeli baju di mal.

Anggota status

Hampir mirip dengan anggota atribut, mendaftar klub ataupun komunitas hanya untuk sebuah status sebagai anggota, saat ada undangan acara atau pertemuan rutin dia tidak pernah hadir tetapi saat tidak diundang dia protes karena merasa anggota.

Anggota modus

Anggota seperti ini sangat berbahaya, baik terhadap anggota lainnya bahkan klub ataupun komunitas itu sendiri, misi menjadi anggota adalah dapat dengan mudah untuk mencari keuntungan bagi dirinya sendiri, contohnya mencari pinjaman uang kepada sesama anggota bahkan menikung gebetan kamu Sob. Hiiiy…hati-hati dengan anggota yang seperti ini, karena akan memanfatkan segala hal.

Apapun tipe dan karakter anggota dalam sebuah klub ataupun komunitas adalah tergantung dari cara masing-masing kita dalam menyikapinya, tinggal bagaimana kita beradaptasi dan mengkondisikan diri, karena klub ataupun komunitas hanya sebuah hobi atau gaya hidup.

Dari karakter yang disebutkan diatas, Sobat Zonbie masuk yang mana? Sebut nama teman Sobat juga di kolom komentar ya…

- Advertisement -

Latest Update

Kymco AK 550 Sudah Mulai Dijual di Indonesia?

Dealer Kymco yang terletak di jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan, memajang Kymco AK 550. Apakah Maxi skuter ini sudah dijjual? Kymco AK 550, pertama kali...

Sejarah Hells Angels Dari Nama Squadron Terbang PD II

Sobat Zonbie pernah mendengar nama sebuah geng motor bernama Hells Angels? Banyak versi mengenai sejarah Hells Angels, namun yang banyak tercatat di website. Jika Sobat...

BMW G 310 RR Siap Meluncur Akhir Tahun 2020

Pabrikan motor asal Jerman, BMW Motorrad, dikabarkan akan menghadirkan BMW G 310 RR pada akhir tahun 2020 ini. Sebagaimana diketahui, di Tanah Air BMW Motorrad...

Shark Evojet, Helm Modular Dengan Fitur Unik

Pabrikan helm asal Perancis, Shark Helmet, hadirkan varian helm terbarunya yang bernama Shark Evojet. Shark Evojet memiliki fitur yang unik, helm ini masuk dalam kategori...

Astra Financial Serahkan Bantuan Ventilator Kepada Walikota Singkawang

Astra Financial, sebagai salah satu dari tujuh lini bisnis di bawah PT Astra International Tbk, kembali memberi bantuan ventilator. Pemberian bantuan ventilator jadi salah...