Karya Terbaik Best Student 2021, Bantu Tuna Netra Hingga Penjahit Keliling

AHM Best Student 2021

PT Astra Honda Motor  (AHM) kembali mengapresiasi kreativitas karya anak muda Indonesia melalui gelaran AHM Best Student 2021.

Tahun ini, terpilih 4 pemenang yang menghadirkan karya inspiratif dan bermanfaat untuk orang banyak, dari alat bantu pembelajaran untuk tuna netra hingga karya kreatif yang melibatkan penjahit keliling dan Usaha Miro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam industri kreatif.

AHM Best Student 2021 yang diikuti 569 siswa dari 472 sekolah dari seluruh di Indonesia. Mereka mengirimkan karya terbaiknya yang terbagi dalam 4 kategori, yaitu Pendidikan dan Kebudayaan, Pemberdayaan Ekonomi/UMKM, Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan, serta Inovasi dan Teknologi.

Selain itu, AHMBS tahun ini juga memberi apresiasi khusus kepada 4 karya siswa yang inspiratif dan memiliki potensi pengembangan di masa depan.

Melalui acara Seminar Inspirasi dan Penghargaan AHM Best Student 2021 yang dihadiri lebih dari 3.300 orang secara virtual (21/8), AHM memberikan apresiasi untuk kategori Pendidikan dan Kebudayaan kepada karya kreatif Putri Annisa Tyara Anggie.

Siswa SMA Negeri 5 Surabaya ini mengembangkan alat pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris siswa tuna netra melalui aplikasi SeB4B (Spelling Bee for Blind).

Peserta asal Jawa Timur  ini menghadirkan inovasi dalam bidang teknologi dengan memodifikasi mesin braile yang disempurnakan dengan huruf-huruf dan output suara bahasa Inggris.

Predikat karya terbaik pada ajang AHM Best Student 2021 juga diterima oleh Aufa Hanun Zahiyah, siswi SMA Negeri 3 Bogor, Jawa Barat.

Melalui gagasan pada kategori Pemberdayaan Ekonomi/UMKM, Aufa memberdayakan para penjahit keliling dan UMKM dalam memproduksi GreenPots dengan media tanam serat Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) dan face shield berbahan polikarbonat anti ultraviolet serta masker kain.

Karya kreatif yang melibatkan banyak pihak ini merupakan salah satu langkah nyata siswa ini dalam meningkatkan ekonomi dan produktivitas di masa pandemi.

Pada kategori Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan, terpilih Muhammad Iqbal Taufiqur Rahman dari SMA Negeri 1 Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dengan karya Heavy Metal Reducing Technology (HMR-Tech).

Karya ini memberi solusi bagi pencemaran logam berat di perairan. Sementara itu, karya terbaik kategori Inovasi dan Teknologi diraih oleh Orchidia Ummu Tazkiah asal SMA Negeri 1 Kaliwungu, Jawa Tengah melalui karya mesin extrusion yang memproduksi bahan baku serat sintetis (chips polyster) dari limbah botol plastic PET.

Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset & Teknologi Republik Indonesia Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. mengapresiasi langkah AHM yang turut berperan aktif menggali talenta terbaik generasi muda yang akan menjadi calon pemimpin di masa depan dan membuat Indonesia semakin maju.

“Masa pandemi menjadi masa yang penuh tantangan. Tapi jangan menyerah. Terus siap menghadapi tantangan jaman, siap berubah dan siap berinovasi. Jadilah SDM unggul dan kompeten,” ujar Wikan Sakarinto menyemangati lebih dari 3.300 peserta Seminar Inspirasi dan Penghargaan AHM Best Student 2021.

Penjurian AHM Best Student 2021 dilakukan secara berjenjang dari tahap regional pada bulan April hingga Juni hingga ke tahap nasional pada bulan Juli hingga Agustus.

Pada tahap nasional, terpilih 20 peserta unggulan dari tiap kategori untuk memperebutkan 12 peserta terbaik di level Gold, Silver dan Bronze, serta 4 peserta mendapatkan Apresiasi Khusus karena memiliki ide dengan potensi yang berdampak bagi masyarakat

Penjurian tingkat nasional melibatkan juri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Direktorat SMK Kemendikbud & Ristek, PPM School of Management yang mewakili kalangan akademisi dan praktisi yang ada di grup AHM. Karya-karya terbaik AHM Best Student 2021 mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp 63 juta.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda tingkat SMA yang mengikuti AHM Best Student berhasil membuktikan di masa pandemi dapat terus berkontribusi aktif bagi masyarakat melalui berbagai ide atau gagasan berdasarkan kondisi dan kebutuhan masyarakat terkini. Kondisi yang penuh tantangan tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berinovasi dan memberikan ide yang bermanfaat.

“Para siswa setingkat SMA ini mampu menjawab tantangan yang ada di lingkungan mereka masing-masing dengan berbagai ide kreativitas yang dapat dikembangkan dan berdampak positif bagi masyarakat luas. Kami berharap mereka dapat terus konsisten menghasilkan karya-karya inspiratif dan menjadi bagian dari sumber daya manusia unggul yang dapat bersinergi membangun negeri,” ujar Muhib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here