Kawasaki Ninja GPZ900R Jadi Ikon Budaya Berkat Film dan Musik

Di Indonesia, nama Kawasaki Ninja identik dengan motor sport full fairing. Bahkan saking ikoniknya, bagi banyak orang awam bakal menyebut apa pun motor fairing dengan ‘Ninja’.

Hal tersebut karena Ninja termasuk salah satu motor pertama yang meramaikan segmen sport fairing di Indonesia. Serta ikonnya yang identik dengan motor balap dan kencang.

Itu di Indonesia. Tapi kalau di Amerika, Kawasaki Ninja justru pernah jadi ikon budaya karena tampil di film dan musik era 80-an.

Sedikit flashback nih Sobat Zonbie, dulu di tahun 1986, aktor Tom Cruise sukses melambungkan namanya di kancah Hollywood lewat film aksi berjudul Top Gun.

Bukan hanya namanya dan film tersebut, ada satu lagi yang langsung ikutan ngetop begitu film ini tayang: Kawasaki Ninja.

Motor asal Jepang yang saat itu cukup berani untuk masuk ke pasar Amerika dan langsung jadi ikon budaya. Saat itu, Tom Cruise memakai Ninja GPZ900R yang merupakan varian pertama dari Kawasaki Ninja.

Nah di film tersebut, tokoh Pete ‘Maverick’ Mitchell yang diperankan oleh Tom Cruise kerap wara-wiri di atas motor bermesin 908 cc bertenaga 115 dk itu. Termasuk adegan romantis saat Maverick membonceng Charlie yang diperankan Kelly McGillis.

Itu dari sisi film, Ninja GPZ900R juga terkenal di dunia musik karena sempat dimiliki oleh penyanyi Lou Reed yang memasukan unsur soal Ninja pada beberapa lagunya. So, jadi nggak heran kan kalau Ninja dikenal sebagai ikon budaya di Amerika.

Comments
Shares