Tuesday, January 19, 2021

Kawasaki Siapkan Motor Sport Listrik Dual Clutch? Ini Patennya

Makin langkanya minyak bumi membuat motor listrik digadang-gadang akan jadi sesuatu yang akan menggantikan motor bensin konvensional saat ini. Nggak heran banyak pabrikan yang mengembangkannya Sobat Zonbie.

Tak terkecuali Kawasaki nih. Yup, pabrikan yang identik dengan motor kencangnya, Kawasaki Ninja, juga nggak mau kalah dalam mengembangkan motor listrik Sob.

Baca Juga: Ducati Ingin Motor Listrik Yang Sempurna, Seperti Apa?

Seperti dilansir Visordown yang menguak gambar paten dari motor listrik Kawasaki. Dari gambar paten tersebut, dikabarkan Kawasaki mengembangkan motor listrik dalam genre sport.

Dan uniknya, motor listrik tersebut memiliki fitur yang umum dipakai di motor bensin. Seperti lubang hawa, alias ram air dan oil cooler.

Pada fitur air ram, yang mengandalkan air scoop besar di bagian depan berfungsi untuk mendinginkan baterai dan motor listrik penggeraknya lewat udara dingin dari depan.

Nah, yang menarik tentu komponen oil coolernya. Sebab di beberapa motor listrik, terutama skutik, semacam Honda PCX Electric, tentu nggak ditemui komponen ini.

Ternyata, oil cooler ini berfungsi sebagai pendingin oli yang dimasukan ke dalam poros tengan dinamo (motor listrik) Sob. Selain itu, motor listrik Kawasaki juga mengandalkan gearbox, bukan motor matik layaknya motor listrik umum.

Latest Update