Sunday, January 17, 2021

Kearifan Lokal Bisa Jadi Nation Branding Bagi Indonesia

Kearifan lokal dirumuskan akan menjadi Nation Branding bagi Indonesia. Hal ini disampaikan dalam Konvensi Nasional Humas yang ke-20.

Kearifan Lokal

Dalam konvesi ini dirumuskan strategi untuk membangun reputasi Indonesia di tingkat domestik maupun global. Menyongsong tahun 2020, Konvensi pada kali ini digelar di Sahid Raya Hotel & Convention, Jogjakarta. Acara yang dihadiri oleh 600 praktisi humas dari berbagai institusi (akademisi, pemerintahan dan swasta), membahas Kearifan Lokal, Solusi Global.

”Setelah diskusi kita dalam konvensi, Kearifan Lokal harus menjadi Nation Branding bagi Indonesia. Humas harus menyebarkan narasi-narasi positif tentang bagaimana keindahan budaya kita. Sebagai anak bangsa kita perlu ikut berperan serta dalam membangun narasi-narasi yang mampu membentuk reputasi Indonesia dikancah global,” kata Ketua Umum PERHUMAS Agung Laksamana (17/12)

Kearifan lokal dan budaya merupakan aset penting Indonesia dalam membentuk reputasi. Untuk menjamin terpeliharanya kearifan lokal dan budaya, diperlukan kerjasama lintas sektoral. Humas harus menjadikan media sebagai mitra strategis. Dalam era dimana konektivitas terus terjadi, sebagai praktisi humas harus terus menyebarkan narasi positif yang membangkitkan semangat kebangsaan, menggerakannya melalui kearifan lokal Indonesia.

Humas Indonesia juga memiliki peran diplomasi pada era kini. Dimana dalam setiap kegiatannya selalu tertanam nilai-nilai keunggulan kita yang berasal dari kearifan lokal. Sehingga mata dunia selalu tertuju ke Indonesia.

Latest Update