Thursday, January 21, 2021

Kebersihan Rem Motor Wajib Diperhatikan Usai Lewati Genangan Banjir

Pada saat musim seperti ini, tidak kaget kita akan banyak menemui jalan yang tergenang bahkan banjir. Namun, ketika setelah melalui jalan yang tergenang atau banjir Sobat Zonbie harus memperhatikan kebersihan rem motor.

Kenapa harus memperhatikan kebersihan rem motor? Rem merupakan piranti paling penting pada sepeda motor, sebab ini menyangkut pada faktor keselamatan pengendaranya.

Ketika usai melintasi air yang tergenag atau banjir, biasanya kotoran berupa pasir atau kerikil kecil akan menempel pada beberapa bagian rem. Seperti pada bagian disc, kampas rem, piston rem atau tuas tromol.

Baca juga : Membersihkan Helm Usai Kena Air Hujan Itu Wajib Sob!

Jika tidak segera dibersihkan, tentunya kotoran tersebut akan menyebabkan pengereman bermasalah. Mulai dari gangguan suara berdecit, hingga yang fatal adalah rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Langkah yang Sobat Zonbie mesti lakukan adalah, segera bersihkan bagian-bagian dari rem dengan menggunakan air bersih. Pastikan kotoran kecil berupa pasir atau kerikil kecil tersebut tidak menempel pada bagian komponen rem.

Baca juga : Waspadai Aquaplaning Saat Riding di Musim Hujan

Jika perlu, bongkar kampas rem dan bersihkan dinding piston rem dan juga kampas rem. Ganti segera kampas rem jika sudah habis.

Latest Update