Kegiatan Tahunan

Kegiatan Tahunan Komunitas Motor Yang Biasanya Dilakukan Setahun Sekali

Sebuah komunitas atau klub motor, pastinya punya segudang kegiatan yang rutin dilaksanakan. Kegiatan tersebut biasanya sudah dijadwalkan atau sudah diagendakan jauh hari sebelumnya, bisa jadi pada setiap awal tahun. Selain kegiatan Kopdar, Sowan, atau kegiatan lainnya, komunitas atau klub motor juga punya kegiatan tahunan yang hanya dilakukan setahun sekali.

Sama halnya dengan organisasi-organisasi pada umumnya, komunitas ataupun klub motor juga punya agenda atau kegiatan tahunan yang rutin hanya dilakukan setahun sekali. Apa saja kegiatan tersebut? Zonbie akan coba mengulas kegiatan-kegiatan tersebut.

Kegiatan Tahunan

 

Musyawarah Besar

Musyawarah Besar (Mubes) atau sebagian komunitas atau klub motor ada yang menyebutnya dengan Musyawarah Nasional (Munas). Musyawarah ini biasanya dilakukan oleh kepengurusan pusat sebuah komunitas, dalam musyawarah ini ada beberapa agenda penting yang biasanya dibahas dan diputuskan secara mufakat.

Agenda yang dibahas dalam Mubes atau Munas biasanya adalah pemilihan Ketua Umum, Pemilihan Pengurus, Perubahan AD/ART, atau pemecahan beberapa kendala dalam komunitas tersebut.

Dalam skala kecilnya Mubes atau Munas disebut dengan Musyawarah Daerah (Musda), Musyawarah Wilayah (Muswil) atau Musyawarah Chapter (Muschap). Musyawarah ini biasanya dilakukan di lingkungan chapter atau wilayah dari setiap komunitas yang memiliki chapter atau wilayah.

Kegiatan Tahunan

Rapat Kerja

Rapat kerja, untuk skala kepengurusan yang lebih besar disebut dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) atau disebut dengan Rapat Kerja Daerah untuk skala lebih kecil.

Dalam rapat kerja biasanya dibahas beberapa agenda penting diantaranya adalah pembentukan kepengurusan atau penunjukan kepengurusan dan penggantian kepengurusan. Selain itu, dalam rapat kerja biasanya diputuskan agenda atau kegiatan rutin yang dijadwalkan untuk selama setahun penuh.

Kegiatan Tahunan

Touring Wajib
Touring wajib biasanya dilakukan setahun sekali oleh beberapa komunitas ataupun klub sepeda motor di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai ajang memperkuat tali silaturahmi antar anggota juga untuk saling mengenal karakter berkendara dari setiap anggotanya.

Tidak hanya itu Sob, biasanya dalam touring wajib juga dilakukan pelantikan anggota baru dari komunitas tersebut. Touring wajib bagi anggota baru ditujukan untuk bisa saling mengenal karakter berkendara dari masing-masing anggota komunitas.

Kegiatan Tahunan

Jambore Nasional

Jambore Nasional biasanya dilakukan setiap setahun sekali oleh beberapa komunitas ataupun klub sepeda motor. Jambore Nasional ini juga biasanya dilakukan oleh pengurus pusat, untuk mempersatukan chapter-chapter dari berbagai daerah dan juga menjadi ajang memperkuat tali silaturahmi antar anggota komunitas tersebut dari berbagai daerah atau chapter.

Pada umumnya lokasi jambore Nasional ditentukan secara bergantian lokasinya, bergantung pada hasil keputusan yang diputuskan dalam Musyawarah Besar atau Musyawarah Nasional. Untuk skala kecil atau di daerah jambore Nasional disebut dengan jambore daerah.

Kegiatan Tahunan

Pelantikan Anggota Baru

Biasanya dalam satu tahun, masuk beberapa anggota baru dalam sebuah komunitas atau klub sepeda motor. Dalam masa perkenalannya atau masa orientasinya, para anggota baru ini belum bisa secara resmi dikatakan sebagai anggota dari komunitas atau klub sepeda motor yang diikutinya.

Para anggota baru yang belum resmi sebagai anggota tersebut biasanya disebut dengan sebutan prospek. Setelah melewati masa perkenalan para anggota baru tersebut, harus melewati proses selanjutnya yang disebut dengan pelantikan. Syarat dalam pelantikan untuk menjadi anggota resmi dari komunitas atau klub sepeda motor biasanya, harus mengikuti touring wajib atau harus mengikuti beberapa kegiatan yang dilakukan oleh komunitas atau klub motor yang diikutinya.

Kegiatan Tahunan

Ulang Tahun

Ulang tahun, atau biasanya disebut oleh komunitas atau klub sepeda motor dengan sebutan anniversary. Kegiatan ini pastinya hanya dilakukan setahun sekali.

Banyak cara yang dilakukan oleh setiap komunitas atau klub sepeda motor dalam merayakan perayaan ulang tahunnya. Ada yang melakukan secara sederhana, adapun yang melakukan perayaan ulang tahunnya dengan pesta secara besar-besaran.

Nah itu tadi Sob, beberapa kegiatan tahunan yang biasanya dilakukan oleh setiap komunitas atau klub sepeda motor. Jika ada kegiatan tahunan lain yang ada di komunitas atau klub sepeda motor Sobat Zonbie, cantumkan pada kolom komentar ya…

Comments