Kenali Budaya Jepang di The Japan Foundation

The Japan Foundation

Open House The Japan Foundation, Jakarta (JF,Jakarta) pada hari Sabtu (03/08) berlangsung meriah. Lembaga nirlaba pemerintah Jepang yang khusus bergerak di bidang pertukaran budaya internasional ini, baru rampung merelokasi kantor ke Gedung Summitmas 2.

The Japan Foundation

Acara yang tidak memungut biaya dan terbuka untuk umum ini memungkinkan pengunjung untuk mengenal Jepang lebih dekat melalui interaksi secara langsung dalam berbagai kegiatan budaya. Acara Open House ini diselenggarakan sebagai peresmian pembukaan kantor Jakarta Foundation Jakarta di lokasi baru dengan konsep ruang baru yang lebih interaktif dan menarik untuk masyarakat Indonesia khususnya Jakarta.

Loading...


Acara Open House diselenggarakan di Sakura Hall JF, Jakarta. Berbeda dari kantor sebelumnya, kini JF Jakarta memiliki hall dengan langit-langit tinggi ala mini ball room . Acara dibuka dengan penampilan Taiko dari Umaku Eisa Shinka Indonesia yang dinamis dan penuh semangat.

The Japan Foundation

Menyusul kata sambutan dari Director General The Japan Foundation, Jakarta Tsukamoto Norihisa dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii. Keduanya berharap agar kantor baru yang memiliki KORYU SPACE – ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang dialog dan pertukaran budaya yang diharapkan akan melahirkan ide dan kreativitas baru.

Loading...


KORYU sendiri diambil dari Bahasa Jepang yangerarti PERTUKARAN. Upacara peresmian ruang kantor baru ini diakhiri dengan pengguntingan pita oleh Tsukamoto Norihisa dan Masafumi ishii yang menandakan jika ruang kantor baru dan fasilitasnya pun resmi dibuka untuk umum.
Usai acara peresmian, para tamu diajak untuk menikmati penampilan dinamis Taiko dan tarian Yosakoi. Seluruh pengunjung yang hadir pun bergabung untuk menari bersama di Sakura Hall dan membuat suasana semakin seru dan ramai.

Di Koryu Space berbagai stand menampilkan berbagai aktivitas dari program-program The Japan Foundation seperti Bahasa, Nihongo Partners, JSEI (Japanese Studies & Intelectual Exchange) dan Budaya. Di stand ini Anda dapat mengenal lebih dalam dengan program-program The Japan Foundation yang tentunya dapat membantu Anda yang berminat dengan Pendidikan dan kebudayaan Jepang.

Loading...


Berbagai kegiatan tersedia di ruangan-ruangan yang disediakan sehingga pengunjung dapat merasakan, mengenal dan mendapatkan pengalaman secara langsung dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan budaya Jepang. Pendatang dari berbagai usia datang untuk mencoba menggoreskan kuas dan menuliskan huruf kanji. Dalam kegiatan Shodo tersebut, tidak hanya pengunjung dapat mempelajari huruf kanji namun juga dapat mencoba membuat seni kaligrafi Jepang yang berbeda dari seni kaligrafi lain.

Pengunjung yang memiliki minat untuk belajar Bahasa Jepang dan ingin berbicara Bahasa Jepang memenuhi ruangan yang diisi oleh divisi Bahasa. Dalam kegiatan tersebut, pengunjung dapat secara langsung belajar berbicara Bahasa Jepang dengan penutur aslinya. Tepat di sebelahnya, pengunjung dapat mencoba sensasi mengenakan pakaian tradisional Jepang kimono sambil berfoto-foto. Banyak sekali masyarakat yang ingin mencoba pakaian negeri Sakura ini sehingga ruangan tidak pernah sepi.

Di Sakura HAll, terdapat berbagai stand makanan untuk mengisi perut juga stand aktivitas lain dari divisi Budaya dan JSIE. Di sini pengunjung dapat mengenal dan secara langsung mencoba berbagai permainan tradisional Jepang yang unik seperti kendama dan gasing.

Loading...


Selain permainan tradisional dari divisi Budaya, JSIE menyuguhkan permainan Pendidikan mengenai bencana serta mitigasi bencana sehingga tidak hanya pengunjung merasa gembira, namun juga mendapatkan ilmu penting yang dapat digunakan di masa mendatang.

Apabila Sobat Zonbie melewatkan acara Open House ini, Sobat Zonbie masih dapat mengunjungi The Japan Foundation di Jln. Jend. Sudirman Kav. 61-62, Jakarta Selatan setiap hari Senin hingga Jum’at mulai pukul 9 hingga 4 sore.

Loading...