Kenali Ciri Setang Seher Rusak, Bisa Bikin Tekor Sob

Meski bukan komponen fast moving, alias yang cepat diganti layaknya kampas rem, atau oli. Tapi kalau nggak dirawat, peranti jeroan mesin seperti setang seher alias connecting rod bisa rusak juga dong.

Ciri paling mudah saat mengenali setang seher rusak bisa didengar dari suara mesin yang agak janggal. Misalnya lebih kasar atau seperti ada yang oblak.

Di samping suara, ciri lainnya bisa dilihat dari hadirnya asap putih dari knalpot. Yang bisa jadi baru gejala, karena mungkin kerusakannya baru sebatas sil tutup klep saja.

Efek dari kerusakan setang seher ini bisa dibilang gawat dan wajib segera ditangani lho Sobat Zonbie. Diantaranya motor yang kurang bertenaga hingga mogok jika kondisi setang seher sampai bengkok.

Patut Sobat Zonbie ketahui juga penyebab rusaknya setang seher nih. Paling sering sih karena kondisi oli mesin yang sudah lama nggak diganti. Atau bahkan di motor injeksi modern yang sudah memakai oli encer, nggak jarang mesin sudah kehabisan oli karena penguapan.

Sedangkan kondisi setang seher yang bengkok kebanyakan disebabkan oleh perilaku nekat Sobat Zonbie saat menerabas banjir. Air yang masuk ke ruang bakar akan berefek pada water hammer.

Ini yang membuat piston hancur dan setang seher bengkok karena kompresi udara dan api terganggu adanya air. Efeknya, motor mogok dan komponen ruang bakar wajib diganti.

Salah satu peranti yang diganti ya setang seher. Tapi jangan pilih yang asal-asalan. Pilih yang berkualitas seperti stang seher Kit ASPIRA dari Astra Otoparts.

Di mana telah melalui proses pengerasan (Heat Treatment) pada bagian lubang besar dan kecilnya sehingga lebih kuat dalam menahan gaya dan gesekan yang dihasilkan oleh mesin.

Dapat diaplikasikan untuk motor seperti Honda Vario FI, BeAT, Scoopy, BeAT FI, Spacy FI dan Scoopy FI. Harganya nggak mahal kok Sob. Di Astraotoshop.com bisa didapat dengan Rp 149 ribu saja. Buruan ganti deh, daripada motornya mogok terus. (ADV)

Comments
Shares