Kenali Filter Udara dengan Viscous Oil, Nggak Boleh Dibersihkan!

Filter udara di motor-motor terkini berbeda. Nggak sekedar kertas, perangkat yang jadi saringan masuknya udara ke ruang bakar sekarang sudah dilapisi oli atau dikenal dengan nama keren viscous oil.

Nanang Sutiya, Instruktur Teknik PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan material dasar filter udara dengan viscous oil sebenarnya sama dengan filter udara lain yang terbuat dari kertas.

“Bedanya, filter udara viscous oil yang ada di motor sekarang punya pori-pori lebih kecil yang dilapisi minyak. Sehingga udara yang masuk (ke mesin) lebih bersih,” katanya saat bertemu di Gedung Learning Center PT DAM.

Dia juga menambahkan, perlakuan untuk filter udara ini juga berbeda dengan filter udara kertas biasa. “Yang pasti filter udara dengan kandungan oli ini nggak boleh dibersihkan. Kertasnya kan dilapisi oli, kalau dibersihkan justru bikin mampet,” lanjutnya.

Sarannya, kalau filter udara sudah nggak layak pakai mending langsung diganti. Idealnya diganti setiap 6.000 km, seperti anjuran untuk All New Honda Sonic 150R ini,” terang Nanang. “Tapi, waktu penggantiannya bisa lebih cepat kalau motor itu dipakai sehari-hari dengan udara yang lembab dan berbedu,” tambahnya.

Dia juga bilang lebih baik menggunakan filter udara viscous oil karena akan menjaga keawetan perangkat lain di ruang bakar seperti throttle body, seher dan lainnya. Efek tambahannya adalah berpengaruh pada efisiensi penggunaan BBM dan kinerja sistem pengapian pada motor anda.

Comments