Kenali Sob! Penyebab Gigi Terasa Ngilu dan Cara Mengatasinya

Mungkin sebagian dari Sobat Zonbie ada yang pernah merasakan rasa ngilu pada gigi, rasa ngilu tersebut biasanya dirasakan saat sikat gigi atau bisa juga saat mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Tentunya sangat tidak nyaman Sob, jika tetiba gigi terasa ngilu.

Gigi Terasa Ngilu

drg. Nila Tirta Arum (dok.pribadi)

Dijelaskan oleh drg. Nila Tirta Arum, Rasa ngilu pada gigi umumnya terjadi akibat terkikisnya lapisan pelindung gigi (email gigi). Terkikisnya email gigi menyebabkan lapisan gigi yang disebut dentin terekspos ke bagian luar gigi. Atau bisa juga akibat akar gigi yang terbuka atau terpapar.

Pada gigi sensitif, ketika dentin yang kaya akan serabut saraf terpapar berbagai rangsangan seperti makanan dan minuman dingin, panas, asam, atau aktivitas tertentu lainnya yang melibatkan gigi, maka serabut saraf gigi akan terangsang sehingga muncul rasa ngilu pada gigi.

Lebih lanjut dokter gigi yang bertugas di Rumah Sakit Mulia, Ciledug, Tangerang ini menjelaskan ada beberapa penyebab gigi terasa ngilu diantaranya adalah

  • Kesalahan saat menyikat gigi
  • Penggunaan obat kumur secara berlebihan
  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi
  • Kebiasaan menggeretak gigi
  • Pemutihan gigi atau bleaching
  • Penumpukan plak berlebihan
  • Faktor kondisi medis penyebab gigi ngilu

Untuk mencegah gigi ngilu,Sobat Zonbie bisa hindari makanan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin dan hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu keras.

Jika Sobat Zonbie merasakan gigi ngilu bisa mencoba dengan menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensistif. Namun, jika sakit masih berlangsung drg. Nila menyarankan untuk segera memeriksanya ke dokter gigi.

Comments
Shares