Kenali Tanda-tanda Busi Motor Harus Diganti

NGK Busi

Spark Plug alias busi merupakan bagian yang penting untuk memberi percikan pengapian yang mencampurkan bahan bakar dan udara pada silinder. Busi inilah yang membuat roda dua Sobat Zonbie tetap lihai di jalan.

Karena pentingnya busi tersebut, sebaiknya Sobat Zonbie memperhatikan waktu yang tepat kapan busi motor diganti. Kem Motor, bengkel roda dua yang beralamat di jalan Raya Lenteng Agung No 123 A ini memberikan ciri-ciri busi harus diganti.

Menurut Anton Sihotang, mekanik bengkel tersebut, busi sudah dapat diganti saat mesin bersuara kasar dalam posisi kendaraan tidak di jalankan. Suara mesin ketika diam biasanya mulus dan konstan, tapi kalau terdapat gangguan pada pengapian, maka suara mesin biasanya kasar dan memberikan getaran pada motor.

Loading...


Selanjutnya, ketika mesin sulit dinyalakan. Mesin susah menyala akibat tidak adanya percikan pada pengapian. Nah, kerusakan busi inilah juga dapat memicu accu menjadi boros.

Ciri berikutnya yang harus diperhatikan adalah mesin misfire. Maksudnya di sini yaitu saat mesin misfire biasanya membuat mesin berhenti sesaat dan kembali berfungsi seperti biasa. Namun hal ini tidak normal karena motornya tidak semulus seperti seharusnya. Misfire disebabkan oleh masalah pada pengapian di silinder.

Ketika mesin surging busi wajib diganti. Masalah ini terjadi saat motor menyedot udara lebih besar pada proses pembakaran sehingga motor jadi melambat secara perlahan sampai berhenti.

Loading...


Bensin boros juga merupakan tanda busi harus diganti. Saat busi bermasalah, konsumsi bahan bakar bisa menjadi 30 persen lebih boros karena proses pembakaran yang tidak selesai.

Dan, terakhir adalah akselerasi tidak maksimum. Motor jadi tidak lancar saat digeber gasnya seperti biasa, sehingga akselerasi menjadi tidak maksimal.

Loading...