Monday, October 26, 2020

Kenali Tiga Faktor Utama Penyebab Kecelakaan

Pelatihan Safety Riding bagi semua kalangan masyarakat khususnya pengguna sepeda motor sangatlah penting untuk memahami etika berkendara yang baik dan benar di jalan raya. Salah satu materinya adalah mengenal faktor utama penyebab kecelakaan.

Seperti disebut Tamy Pratama, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM) main dealer Honda Jawa Barat. “Ada tiga penyebab utama kecelakaan. Pertama faktor manusia, lalu kendaraan dan lingkungan,” ucapnya disela pelatihan safety riding jurnalis (18/2).

Lebih jauh, dari data yang dikumpulkannya, faktor manusia jadi yang terbesar sebagai pemicu kecelakaan. Di mana 61 persen kecelakaan lalu lintas diakibatkan kemampuan dan karakteristik pengemudi yang tak menguasai kendaraan yang digunakannya.

Selanjutnya, faktor lingkungan dan prasarana menjadi penyumbang kecelakaan terbesar kedua, yakni 30 persen. “Contohnya jalan berlubang dan berpasir yang masih banyak ditemui di Indonesia. Bisa juga, kita sudah hati-hati tapi orang yang kurang waspada,” ucapnya.

Selain itu, 9 persen penyebab kecelakaan disumbang oleh faktor kelayakan kendaraan sendiri. Diantaranya sektor rem, ban hingga mesin yang tak layak jalan. Hal tersebut disamping mampu mencelakakan diri sendiri, juga orang lain.

Kompetisi Safety Riding

Selain mendapat ilmu mengenai safety riding, dalam kesempatan ini juga digelar kompetisi antar jurnalis.

“Safety Riding Competition for Jurnalis diikuti sebanyak 20 jurnalis dari media cetak dan online dengan menggunakan Honda CB150R Streetfire. Sementara itu, rangkaian kompetisi terbagi ke dalam 2 penilaian, yakni narrow plank dan slalom course,” ujar Lerri Gunawan, GM Motorcycle Sales, Marketing and Logistic PT DAM.

Untuk narrow plank atau papan keseimbangan seluruh peserta akan diuji keterampilan bagaimana melatih fokus dan konsentrasi saat berada di jalan raya dengan tetap menjaga postur berkendara yang benar.

Sedangkan slalom course adalah menguji keseluruhan keterampilan berkendara dalam sirkuit yang didesain khusus. Penilaian dilakukan secara langsung oleh para juri dari tim instruktur safety riding DAM.

Latest Update

Gaya Riding Harian Pebalap AHRT Tidak Seperti di Sirkuit Sob!

Meskipun mereka merupakan para pebalap pilihan, gaya riding harian mereka bisa menyesuaikan saat di jalan raya.

Kymco X-Town 250i Teman Perjalanan Yang Menyenangkan

Dengan menggunakan Kymco X-Town 250i jurnalis zonabikers.com menikmati indahnya panorama alam waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat. Waduk Cirata merupakan waduk yang berada di 3 kabupaten...

Primes Asia Hadirkan UV-C Air Purifier

PT Prima Semesta Asia perkenalkan UV-C Air Purifier, produk baru untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. UV-C Air Purifier menggunakan sinar ultra violet untuk...

Filter Ferrox Ninja ZX-25R Laku Keras!

Kawasaki Ninja ZX-25R yang hadir beberapa waktu lalu, sangat laris keras. Hal ini dibarengi juga dengan filter Ferrox Ninja ZX-25R, sebagai komponen after market...

(VESPA PRIMAVERA) RED Hadir Untuk Bantu Melawan HIV/AIDS

Setelah sebelumnya hadir melalui Vespa 946 RED, Vespa kembali bekerjasama dengan Global Fund RED dengan menghadirkan (VESPA PRIMAVERA) RED. Vespa telah menjalin kemitraan penting dengan...