Kendaraan Bermotor Melintasi Jalur Sepeda Akan Ditilang Mulai Hari Ini

Jalur Sepeda

Mulai hari ini, Senin (25/11), petugas kepolisian akan melakukan penindakan bentuk penilangan kepada kendaraan bermotor yang melintas di atas jalur sepeda.

Dikutip dari situs NTMC Polri, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan pengumuman resmi terkait pemberlakukan tilang kepada pengendara yang melanggar melintasi jalur pesepeda.

“Pada hari Senin tanggal 25 November 2019, Ditlantas PMJ akan melakukan tindakan represif yustisial (penilangan),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya.

Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya tidak akan mentolerir seluruh pengendara yang nekat melintas di jalur sepeda tersebut mulai hari ini.

Nantinya, Polisi akan menerapkan pasal 284 tentang hak utama pejalan kaki dan pasal 287 ayat (1) tentang melanggar Rambu atau Marka dalam UU no 22 tahun 2009.

“Pelanggaran memasuki jalur sepeda dapat dikenakan tilang,” ucap Yusri.

Sebelum melakukan tindakan, Yusri menuturkan bila pihaknya sudah melakukan tahapan uji coba dan sosialisasi kepada masyarakat. Selama uji coba dan sosialisasi, Ditlantas Polda Metro Jaya sendiri telah melakukan tindakan preemtif, preventif.

Apabila ada pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran lalin memasuki jalur sepeda telah melakukan tindakan represif non yustisial teguran.