Kendaraan Bodong

Kendaraan Bodong Bisa Dideteksi Dengan Kamera E-TLE

Saat ini Kepolisian Lalu Lintas telah menyebar kamera CCTV canggih guna mendukung program tilang elektronik. Hebatnya, kamera-kamera tersebut dapat juga mendeteksi kendaraan bodong alias kendaraan ilegal.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE atau tilang elektronik) dapat mendeteksi kendaraan bodong. Hal itu dapat dilihat dari nomor polisi kendaraan yang tidak terdaftar.

Baca juga : Tilang Elektronik Diperluas, Polisi Tambah 45 Unit Kamera

“Sistem kamera tilang e-TLE apabila nomor polisi tidak terdaftar akan menyala sirinenya,” kata Nasir saat dikonfimasi soal sistem tilang elektronik baru.

Lalu, bagaiamana cara kerjanya? Menurut Nasir, ketika kamera menangkap objek kendaraan yang diduga bodong kamera akan memberikan sinyal kepada operator yang berada di TMC Polda Metro Jaya. Selanjutnya petugas TMC Polda Metro jaya akan memberi tahu kepada petugas yang berada di lapangan untuk dapat menindak kendaraan bodong tersebut.

“Jadi kalau ada kendaraan yang nomor polisinya tidak terdaftar di regident, maka ketika lewat di jalur dan terekam kamera alarm bunyi,” ujar Nasir.

“Nanti dipancarkan oleh operator dan ditindak oleh Polantas yang ada di lokasi tersebut,” sambung dia soal fitur baru di kamera tilang elektronik.

Fitur tersebut tentunya dapat menekan angka pelanggaran dan juga pastinya angka kejahatan, seperti pencurian kendaraan. Biasannya pencuri mengganti nomor polisi kendaraan curian. Dengan adanya fitur kamera canggih tersebut diharapkan polisi bisa membantu masyarakat yang kehilangan kendaraan akibat tidak pencurian.

Comments
Shares