Thursday, October 1, 2020

Kesalahan Fatal Pemotor Ketika Berkendara Saat Hujan

Berkendara saat hujan turun, bagi pemotor diperlukan kewaspadaan yang ekstra. Jangan sampai hal sepele, malah jadi kesalahan yang fatal.

Ketika hujan, ada baiknya bagi Sobat Zonbie yang sedang mengendarai sepeda motor menepi dan berteduh. Sebab, berkendara dengan sepeda motor saat huja pada dasarnya berbahaya.

Alih-alih ingin mengejar waktu, yang ada malah terjadi kecelakaan. Nah, kali ini zonabikers.com akan mengulas kesalahan fatal yang sering dilakukan pemotor yang berkendara saat hujan.

Kesalahan Fatal

 

Sepatu diganti dengan sandal

Banyak pemotor yang menukar alas kaki atau sepatunya dengan menggunakan sandal, alasan utamanya agar sepatu tidak basah.

Melakukan hal ini tentu sangat berbahaya, karena bagian kaki tidak terlindungi sepenuhnya. Ketika terjadi kesalahan di jalan dan terjadi kecelakaan, tidak ada perlindungan ekstra pada bagian kaki pemotor.

Selain itu, tidak menggunakan sepatu ketika riding saat hujan bagian kaki akan rawan terkena penyakit.

Melepas sarung tangan

Sama halnya dengan penggunaan sepatu. Tidak ingin sarung tangan basah, banyak pemotor yang malah melepas sarung tangannya.

Ini tentu sangat berbahaya, bagian tangan bisa lembab juga akan berasa dingin. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman dibagian tangan dan bisa menyebabkan pengendara kehilangan fokus, dan bisa terjadi kecelakaan.

Menggunakan jas hujan ponco

Menggunakan jas hujan model ponco, tidak disarankan sama sekali ketika mengendarai sepeda motor. Jas hujan model ini, sangat rawan tersangkut baik dengan bagian motor dari pengendara tersebut atau kendaraan lain.

Sebaiknya, gunakan jas hujan model setelan baju dan celana. Jas hujan model ini, cenderung lebih aman.

Berkendara dengan kecepatan tinggi

Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi saat hujan sangat berbahaya. Jalanan yang basah bisa menyebabkan motor kehilangan keseimbangan, akibat ban roda motor kehilangan traksinya dengan aspal.

Sebaiknya berkendaralah dengan kecepatan yang normal. Fokus terhadap potensi kecelakaan yang ada.

Nah itu tadi beberapa kesalahan yang biasa dilakukan pemotor. Sebaiknya Sobat Zonbie hindari kesalahan tersebut, menepi dan berteduhlah ditempat yang aman.

Latest Update

Ajak Pelajar Praktik Perbengkelan, Pertamina Lubricants Luncurkan Enduro Express di SMK Yosonegoro Magetan

PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V bersinergi dengan PT Nitro Pratama Indonesia (PT NPI), ajak pelajar praktik perbengkelan. Dalam hal ini, PT Pertamina Lubricants...

Francesco Bagnaia Resmi Perkuat Ducati Corse Tahun Depan

Tim balap MotoGP Ducati Corse, pastikan Francesco Bagnaia bakal memperkuat tim pabrikan tersebut bersama Jack Miller. Sebagaimana diketahui, sebelumnya baik Bagnaia dan Miller pernah memperkuat...

PRB Chapter Lampung Resmi Mendeklarasikan Diri

Pasemotonan Riders Bali (PRB), semakin melebarkan sayapnya. Akhir pekan lalu (27/9), PRB Chapter Lampung resmi berdiri. Pasemotonan Riders Bali mulanya, merupakan kumpulan bikers yang merupakan...

BMW G 310 Series Terbaru Siap Meluncur Awal Bulan Oktober

BMW G 310 series terbaru dipastikan akan meluncur pada awal bulan Oktober 2020 ini. Hal ini terungkap dalam, beberapa teaser yang tersebar di jagad...

GCN Chapter Garut Rayakan HUT Pertama Dengan Semangat ‘Kertas’

Merayakan hari jadi yang pertama, GCN Chapter Garut adakan tasyakuran sekaligus pencanangan diri sebagai bagian dari keluarga besar GSX Community Nusantara. Dengan mengusung tema 'Kertas'...