Ketahui Masalah Yang Bisa Terjadi Pada Panel Speedometer

Speedometer

ZONABIKERS.COM – Panel speedometer menampilkan beragam informasi tak hanya indikator kecepatan saja, tapi juga ada tachometer, odometer, fuel meter, gear indicator.

Beberapa varian speedometer sudah bisa menampilkan tambahan informasi seperti jam digital, average fuel consumption, bahkan bisa memberikan peringatan untuk kapan mengganti oli atau oil change indicator.

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan.

Saat ini ada dua jenis speedometer yang banyak digunakan pada sepeda motor, yaitu speedometer analog dan digital.

Loading...


“Di era sekarang secara umum panel speedometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai displaynya,” ujar Ade.

Panel speedometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen terutama di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display) sehingga dapat mengganggu aktivitas berkendara, Diantaranya :

  1. Panel Speedometer Ngembun

Tampilan panel speedometer terhalang karena Terdapat uap air atau embun yang menempel di bagian atas mika penutup. Biasanya terjadi ketika sepeda motor habis dicuci atau juga ketika berkendara saat hujan.

Loading...


Penyebabnya kemungkinan karena ada celah antara mika penutup, atau bisa juga terdapat retakan sehingga panas dari mesin menyebabkan air yang masuk ke dalam unit panel speedometer menguap dan tertahan di dalam.

Solusinya bisa mengecek bagian speedometer dan memeriksa apalah terdapat celah diantara penutup, atau jika terjadi kerusakan di bagian mika yang berwarna bening, bisa langsung menggantinya. Dan supaya bisa menutup sempurna, disarankan untuk melakukan penggantian kepada ahlinya seperti ke bengkel resmi.

  1. Panel speedometer Sunburn

Karena kebanyakan beberapa model terbaru sepeda motor menggunakan panel speedometer tipe LCD, maka masalah seperti Sunburn sering sekali terjadi.

Loading...


Sunburn adalah kerusakan di bagian panel speedometer sehingga ngeblank atau terdapat noda hitam terbakar dan layar tidak memunculkan angka atau informasi lainnya.

Kerusakan ini biasanya disebabkan ketika sepeda motor disimpan atau diparkir di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari langsung cukup lama, sehingga menyebabkan panel meter jenis LCD terjadi kerusakan.

Mengganti panel LCD speedometer dengan yang baru adalah solusinya. Tapi tentunya ada tips mudah supaya hal tersebut tidak terjadi diantaranya, menyimpan atau parkir sepeda motor di tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung, bisa memilih tempat parkir di area indoor atau jika terpaksa disimpan ditempat terbuka, diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

Loading...


Antisipasi lainnya, bisa melapisi mika panel speedometer dengan plastik film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil, kita bisa pilih yang 20 persen atau 30 persen bahkan warna plastic filmnya juga banyak pilihan, bisa pake yang bernuansa biru, hijau, atau gelap, intinya kita bisa setting tingkap gelapnya agar indikator di speedometer tetap dapat terlihat.

  1. Panel Speedometer Memudar dan Tidak Terbaca

Jika indikator speedometer tidak bergerak atau tidak bisa menampilkan informasi seperti angka kecepatan sepeda motor ada kemungkinan ada beberapa bagian komponen seperti kabel yang terputus atau rusak.

Tapi terkadang ada juga kondisi dimana panel speedometer memudar atau hanya berkedip.

Loading...


Masalah ini terjadi pada sepeda motor yang sudah berusia lebih dari 6 tahun, penyebabnya bisa karena kelistrikan yang disebabkan aki yang sudah lemah dan bahkan tak berfungsi, sehingga terkadang panel speedometer hanya berkedip dan menunjukan tampilan yang tidak stabil ketika dinyalakan.

Aki atau baterai sepeda motor memang menjadi komponen yang paling penting, sehingga jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah maka akan merembet pada masalah yang lainnya, salah satunya panel speedometer.

Menggantinya dengan yang baru adalah langkah yang tepat, apalagi ketika usia pakainya yang sudah melebihi kemampuannya.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here