Khikmawan Santosa

Khikmawan Santosa, Bikers dan Sound Designer Film Kawakan Meninggal Dunia

Dunia perfilman dan bikers tanah air kehilangan salah satu Sound Designer film kawakan dan juga merupakan seorang bikers yang dikenal ramah. Bro Khikmawan Santosa telah berpulang akibat kecelakaan sepeda motor yang terjadi di Puncak, Bogor, Jawa Barat (11/5).

Khikmawan Santosa atau akrab disapa Bro Kibeng atau Kiki Ducati selain berprofesi sebagai sound designer juga sangat dikenal dikalangan bikers yang memiliki hobi otomotif roda dua. Beberapa komunitas motor pun diikutinya seperti Cinere Big Bike Owners (CIBBO) dan juga Kawasaki Z Owners Indonesia (KZOI)

Diceritakan oleh salah seorang rekannya di KZOI Bro Hendry Purwanto yang mendapatkan kabar kronologis kecelakaan yang menimpa Bro Kiki, terjadi akibat tabrakan dengan sebuah truk dikawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

“Menurut kabar kejadian bermula dari salah seorang rekan Bro Kiki di CIBBO yang terpeleset di tikungan Puncak. Dari arah berlawanan muncul sebuah truk, saat itu pengemudi truk terkejut dan membuang arah di jalur berlawanan yang secara tiba-tiba juga Bro Kiki ada dijalur tersebut. Terjadilah tabrakan (adu banteng).” Cerita Bro Hendry.

Saat kejadian tersebut Almarhum bersama rekan bikersnya di CIBBO baru saja kembali usai melaksanakan kegiatan Sahur bersama di kedai Sate Hanjawar.

Semasa hidup, nama Khikmawan diketahui hampir setiap tahun terpampang dalam daftar nominasi atau pemenang Penata Suara Terbaik di ajang penghargaan perfilman Indonesia. Salah satunya Festival Film Indonesia.

Mendiang Khikmawan pernah mengerjakan tata suara untuk film-film top Tanah Air. Di antaranya Sang Kiai (2013), Pengabdi Setan (2017), Kartini (2017), Cek Toko Sebelah (2017), dan lainnya. Dari 2004 hingga 2009, ia menggarap tata suara untuk film Pintu Terlarang, Mati Suri, Queen Bee, King, Macabre, dan Serigala Terakhir, serta Meraih Mimpi. Dari filmindonesia.co.id mencatat sudah sekitar 437 film yang pernah ditangani Khikmawan sejak 2005 sebagai penata suara dan 19 penghargaan perfilman telah ia raih.

Comments
Shares