Kisah Dibalik Royal Enfield Redditch, Warisan Perang Dunia Ke-2

Motor-motor Royal Enfield (RE) dikenal dengan tampilannya yang klasik dan unik. Namun ada satu seri yang memiliki sejarah berkaitan dengan perang dunia ke-2, yakni RE Classic Redditch. Dan berikut kisahnya.

Kota Redditch menjadi terkenal di mata dunia selama masa Revolusi Industri karena keunggulan produksi jarum dan pancingnya. Kota ini merupakan lokasi pertama Royal Enfield ketika diluncurkan pada tahun 1901 yang telah dilengkapi dengan peralatan mesin.

Menjadi saksi bisu dari puncak Perang Dunia kedua tahun 1942, kota Redditch melahirkan banyak bibit unggul ahil mesin yang terampil dalam membuat bagian presisi pada drills, mesin pemotong gear, welding rigs, dan mesin bubut di pabrik bawah tanah Royal Enfield.

Pabrik ini didirikan pada lokasi tambang batu yang telah ditinggalkan di Westwood, dekat Bradford, Avon pedesaan Wiltshire. Pabrik bawah tanah Royal Enfield ini tahan akan ledakan bom. Sehingga hal ini cukup aman dikarenakan tidak hanya memproduksi motor namun juga memproduksi anti-aircraft guns termasuk alat prediksi untuk pengendalian senjata anti-aircraft yang akurat.

Di dalamnya, dilengkapi dengan berbagai peralatan yang pada saat itu cukup asing didengar. Seperti alarm anti-asap dan AC dengan kontrol kelembaban.

Namun meski berada di bawah tanah, pabrik Royal Enfield ini juga secara khusus menyediakan ruangan dimana para pekerja tetap bisa memperoleh sinar matahari langsung.

Menariknya, karena mayoritas pria di Inggris sudah terdaftar dalam angkatan bersenjata, mayoritas para pekerja di Westwood adalah wanita dan banyak diantaranya bahkan dilatih langsung oleh ahli dari Redditch.

Selanjutnya…

Comments
Shares