Komparasi Tenaga Mesin Motor Sport Fairing 2-Tak 150 cc, Siapa Paling Besar?

Bagi Sobat Zonbie dari generasi 80-90’an, motor sport fairing 2-tak bermesin 135-150 cc mungkin sudah menjadi motor idaman. Empat pabrikan Jepang, alias The Big Four punya jagoan masing-masing. Sebut saja Honda NSR150, Yamaha TZM, Suzuki RGR 150 dan Kawasaki Ninja 150RR.

Performa dan tampilan balap jadi jualan utama. Bakal menarik melirik spesifikasi keempat motor tersebut. Apalagi jika Sobat Zonbie tengah mempertimbangkan untuk membeli salah satunya. Lalu, siapa yang paling kencang di jamannya? Yuk, kita bedah speknya masing-masing.

Suzuki RGR 150

Motor ini hadir di Indonesia sejak awal 90-an hingga awal 2000 dengan inspirasi dari tunggangan balap GP500, Suzuki RGV. Awalnya, motor ini punya tampilan half fairing dengan buntut bersudut tajam. Di generasi kedua dan tiga, sudah full fairing dengan buntut yang diambil dari keluarga motor bebek Suzuki, seperti Crystal dan Tornado.

Di sektor mesin, RGR 150 punya spek 150 cc berpendingin udara dan karburator. Teknologi yang ditawarkan SSS (Suzuki Super Scavenging System) berupa lubang di blok mesin yang terhubung ke tempat penyimpanan udara untuk suplai udara lebih besar saat rpm tinggi.

Selain itu, ada juga teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) untuk kontrol suplai bahan bakar yang dibutuhkan mesin bertransmisi 6-speed. Dengan sederet keunggulannya, motor berbobot 99,8 kg tersebut mampu menghasilkan daya 26,5 dk per 9.500 rpm.

Comments
Shares