Motor Matik

Komponen Ini Bisa Jadi Penyebab Motor Matik Jadi Kurang Nyaman Dikendarai

Adakalanya motor matik yang Sobat Zonbie gunakan, diraskan kurang nyaman atau kurang stabil saat dikendarai. Hal tersebut, bisa saja disebabkan oleh beberapa masalah pada bagian kaki-kaki. Seperti Ban, Velg, atau Suspensi.

Namun ternyata, ada komponen lain yang harus dilakukan pengencekan pada saat motor yang Sobat Zonbie kendarai tersebut tidak nyaman. Komponen tersebut adalah, Engine Mounting.

Pada motor matik, mesin dan rangka disatukan dengan sebuah bracket. Engine mounting menjadi salah satu komponen pada bracket tersebut.

Engine mounting berfungsi sebagai peredam getaran dari mesin. Komponen ini terletak pada bagian penyambung di bagian bawah, antara mesin dan rangka.

Komponen ini memiliki masa pakai, sama dengan seperti komponen lainnya. Meski demikian, banyak pengguna motor yang melupakan pemeriksaan berkala pada komponen satu ini.

Biasanya engine mounting pada motor matik berbahan dasar dari karet. Tentu dengan bahan dari karet tersebut, memiliki usia pakai ya Sob. Dalam kurun waktu yang lama, bahan kompunen tersebut bisa getas dan pecah.

Sebaiknya Sobat Zonbie lakukan pemeriksaan secara berkala. Atau bisa lakukan penggantian komponen engine mounting setiap 2 tahun sekali, agar motor tetap nyaman saat digunakan.

 

Comments
Shares