Komunitas GIOS Sambangi Sahabat Anak Gambir

Dalam rangka menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, yang tentunya lebih banyak berharap pahala dan berkah, terlebih dengan selalu dekat dan memperhatikan masyarakat kecil yang kurang mampu. Landasan inilah yang dijadikan beberapa komunitas sepeda motor untuk memberikan donasi maupun santunan kepada yang membutuhkan.

Diantara komunitas atau klub motor itu adalah Gabungan Ikatan Ojol Sehati (GIOS), yakni komunitas driver ojek online (ojol) yang semua anggotanya driver wanita aktif di ojek daring tersebut. Dimana, pada akhir pekan lalu, komunitas ini menyambangi Sahabat Anak Gambir yang berlokasi di Balai warga Pejambon, Jl. Pejambon I RT 001/001 Kel. Gambir, Jakarta Pusat.

Rasa haru bercampur senang pun tersirat dari wajah para pengemudi ojek online tersebut. Mereka tidak menyangka masih bisa bertemu dan bermain bersama anak-anak jalanan yang berkeliaran di sekitar stasiun Gambir dan kawasan Monas. Namun berkat Yayasan Sahabat Anak, sebagai hasil follow-up Jambore Anak Jalanan tahun 2002, mereka dapat dilayani dengan baik.

Jumlah anak yang terdaftar di Sahabat Anak Gambir sekitar 80 anak, sebagian putus sekolah dan sebagian lagi bersekolah namun dengan kemampuan calistung (baca tulis hitung) yang rendah. Sebulan sekali, seusai belajar, dibagikan makanan bergizi (susu, kacang hijau, puding, biskuit) sebagai upaya penambahan nutrisi bagi anak-anak.

Sahabat Anak adalah yayasan perlindungan anak yang digerakkan oleh para volunter dalam memperjuangkan terpenuhinya hak anak, khususnya anak marjinal (on the street, of the street, vulnerable to be on the street) dengan memberikan akses pendidikan gratis, beasiswa, TK/PAUD, sekolah non-formal, perpustakaan, pemberian makanan sehat, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, serta advokasi.

Comments
Shares