Komunitas Motor

Komunitas Motor Pun Tanggap Dalam Membantu Korban Bencana Loh Sob!

Bencana alam beberapa waktu ini kerap terjadi di Indonesia mulai dari gempa bumi, tsunami hingga tanah longsor. lembaga pemerintah maupun non pemerintah pun bergerak cepat guna membantu para korban bencana alam tersebut. Kesulitan dan juga beban derita yang dialami oleh para korban bencana alam tersebut pun menarik simpati dari setiap lapisan masyarakat, tak terkecuali dari komunitas motor.

Komunitas Motor

Berbagai komunitas motor pun berbondong-bondong menggalang bantuan kemanusiaan untuk membantu para korban bencana alam. Seperti yang terakhir terjadi di pesisir Selat Sunda, telah terjadi tsunami di pesisir Selat Sunda tepatnya di kawasan Banten dan Lampung Selatan akibat dari erupsi anak gunung Krakatau.

Kejadian tersebut menyebabkan ratusan jiwa melayang juga ribuan orang mengungsi akibat kehilangan tempat tinggalnya. Bukan hanya tempat tinggal saja namun harta benda mereka pun ikut hilang akibat hempasan dari tsunami yang terjadi. Ribuan pengungsi hidup di bawah segala kekurangannya di kamp-kamp pengungsian, sambil menunggu kondisi kembali normal.

Untuk membantu para korban di pengungsian tersebut, komunitas pun bersama-sama bergotong royong dalam membantu para korban selama di pengungsian. Banyak komunitas motor yang melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan yang ditujukan untuk meringankan beban para korban bencana alam selama di pengungsian.

Komunitas Motor
Paguyuban Motor Pandeglang (PMP) Usai memberikan bantuan di kamp pengungsian tsunami Selat Sunda

Seperti yang dilakukan oleh Paguyuban Motor Pandeglang (PMP) mereka terjun langsung sebagai relawan dalam pencarian juga evakuasi jenazah korban bencana alam tsunami Selat Sunda. Tidak hanya itu mereka juga melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan dengan membangun posko disekitaran Alun-alun Pandeglang.

Selain PMP ada beberapa komunitas lain seperti GSX Club Indonesia (GCI) Chapter Jakarta, Komunitas GOMAX, Helmet Lovers Indonesia Official (HLIO), Jakarta Aerox Club (JAC) juga Forum Bikers Tangerang Selatan (FORBITAS) dan banyak lainnya. Para bikers dari berbagai komunitas tersebut melakukan aksi penggalangan bantuan kemanusiaan dengan cara mereka masing-masing, yang selanjutnya bantuan tersebut disalurkan melalui lembaga-lembaga yang dipercaya untuk menyalurkan bantuan tersebut.

Komunitas Motor
ION Banten Bantu korban pengungsian tsunami Selat Sunda di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten

Ada juga komunitas yang melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan serta menyalurkannya dengan cara mengantar langsung bantuan kepada para korban di pengungsian seperti yang dilakukan oleh Inazuma Owner Network (ION) Chapter Banten.

Komunitas Motor
Mobil yang mebawa bantuan dari Yamaha NMax Club Indonesia

Zonbie pun saat mengikuti ION Banten menyerahkan bantuan langsung untuk korban tsunami Selat Sunda di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, sempat berjumpa dengan berbagai komunitas motor lain diantaranya seperti White Max Owner (WHIMO), Yamaha NMax Club Indonesia (YNCI), Komunitas CB Klasik, Royal Riders, NMax Riders dan banyak komunitas lainnya yang juga turut serta mengantarkan langsung bantuannya kepada korban tsunami dibeberapa titik pengungsian di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Bikers dengan komunitasnya memang dikenal sekali dengan rasa persaudaraan dan kebersamaan yang kuat. Hal ini tentunya membuktikan bahwa rasa persaudaraan bukan hanya terjadi di dalam komunitas tersebut saja, namun rasa persaudaraan juga terjadi di luar komunitas para Bikers tersebut.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh para Bikers tersebut patut diapresiasi oleh seluruh pihak, kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan para Bikers tersebut tentunya dapat mematahkan paradigma masyarakat yang memandang negatif kepada para bikes.

Komunitas Motor
White Max Owner dalam perjalanan menuju pengungsian korban tsunami
Komunitas Motor
GCI Jakarta saat melakukan aksi penggalangan bantuan kemanusiaan
Komunitas Motor
Helmet Lovers Indonesia Official usai melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan
Komunitas Motor
Forum Bikers Tangerang Selatan bekerjasama dengan ACT membantu korban bencana tsunami Selat Sunda
Comments
Shares