Komunitas Tetap Tumbuh dan Berkembang? Ini Ada 7 Caranya Sob!

Membuat sebuah komunitas ataupun klub motor pada awalnya terasa mudah Sob, karena kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki ide, minat, atau hobi yang sama. Berangkat dari keseragaman itulah maka sebuah komunitas memiliki visi, misi, tujuan, dan kegiatan untuk dicapai bersama-sama. Namun apakah mempertahankan komunitas tetap tumbuh dan berkembang cukup dengan membuat kegiatan-kegiatan bersama saja?

Perlu yang namanya kerjasama Sob, kerjasama dibangun antara pengurus dan para anggota hal ini ditujukan agar komunitas dapat terus bertumbuh dan berkembang. Berikut Zonbie bagikan tips untuk menjaga komunitas tetap tumbuh dan berkembang.

Komunitas Tetap Tumbuh dan Berkembang

Tunjukkan Kegembiraan

Ketika dalam suatu pertemuan komunitas seperti kopdar atau pertemuan lainnya usahakan  untuk saling menunjukan semangat yang positif dan penuh dengan kegembiraan. Hal tersebut selalu diterima dengan baik oleh orang lain. Tidak ada ruginya untuk menunjukkan perasaan positif karena orang lain pasti akan senang menerimanya.

Bebaskan Semua Orang Membagikan Cerita dan Berpendapat

Pada dasarnya, semua orang ingin didengar Sob! maka berikanlah setiap orang kesempatan yang sama. Misalnya, dalam sebuah acara kopdar atau pertemuan lainnya berikan setiap orang untuk berbagi cerita dan berbagi pendapat. Dengan begitu setiap anggota akan mempunyai rasa saling memiliki dan pastinya rasa solid dan kompak akan terbangun dengan sendirinya.

Jangan Banyak Basa-Basi

Ga diperlukan yang namanya basa-basi Sob! Basa-basi merupakan percakapan yang membosankan. Perdalamlah percakapan antara pengurus bersama anggota lainnya, seperti mengetahui apa yang digemari oleh setiap anggota, membicarakan tentang pengalaman atau rencana agenda kegiatan. Hal ini menyenangkan karena membuat percakapan tidak monoton.

Komunitas Tetap Tumbuh dan Berkembang

Berikan Pujian Sesering Mungkin

Sama halnya dengan ingin didengar, setiap anggota komunitas juga akan senang jika diberikan pujian. Pujilah anggota yang melakukan hal-hal yang positif dan membanggakan. Sehingga anggota tersebut akan terus mencoba hal-hal lainnya.

Tanamkan Kepercayaan

Dengan memuji anggota maka akan membuat orang tersebut percaya diri. Setelah itu, orang tersebut akan menjadi dirinya sendiri. Kita pun harus menjadi diri sendiri, sehingga komunitas ini akan diisi oleh orang-orang yang percaya diri untuk menjadi dirinya di tengah keseragaman komunitas.

Tantang Anggota untuk Melakukan yang Terbaik

Memuji merupakan hal yang baik, namun akan lebih baik lagi jika pengurus memastikan anggota melakukan hal terbaik yang mereka bisa lakukan untuk diri mereka dan komunitas. Beri kesempatan anggota lain yang  ingin membantu, beritahukan dan bantu mereka tapi lakukan dengan baik dan sabar.

Komunitas Tetap Tumbuh dan Berkembang

Menghubungkan Orang-Orang

Ajak semua anggota komunitas untuk tetap menjaga silaturahmi baik antar anggota maupun dengan komunitas lain. Buatlah koneksi seluas mungkin, ajak komunitas untuk saling kenal dengan komunitas lain. Hal ini berguna selain menumbuhkan rasa kebersamaan dan silaturahmi, anggota bisa juga belajar dari komunitas lain bagaimana seharusnya membangun komunitasnya sendiri.

Susah-susah gampang Sob menjaga komunitas untuk tetap tumbuh dan berkembang perlu yang namanya kerjasama yang solid dari semua yang ada didalam komunitas itu. Semoga tips yang Zonbie bagikan ini bermanfaat ya.

Comments
Shares