Kuartal Pertama Tahun ini Gajah Tunggal Capai Peningkatan Penjualan

IRC

Salah satu produsen ban terbesar di Asia Tenggara PT. Gajah Tunggal Tbk mengklaim telah mencapai penjualan bersih yang menggembirakan di kuartal pertama tahun ini dengan mengalami pertumbuhan sebesar 9,8%, meningkat dari Rp 3.439 miliar di kuartal pertama 2016 menjadi Rp 3.775 miliar.

Kontribusi terbesar dari penjualan ekspor, dimana pertumbuhan penjualannya mencapai 14,7%. Penjualan ke Amerika Serikat, tetap menjadi pendorong pertumbuhan penjualan ekspor yang terbesar. Di sisi lain, penjualan ke pasar replacement danĀ  original equipment manufacturer (OEM) domestik tetap menguat, dimana masing-masing tumbuh sebesar 6,2% dan 5,2%, ini mencerminkan pulihnya kondisi pasar domestik.

Loading...


“Pertumbuhan penjualan itu dicapai di semua segmen dan pasar,” ujar Catharina Widjaja, Direktur Gajah Tunggal dalam acara buka bersama media dan anak yatim piatu di Palalada Restaurant, Grand Indonesia Shopping Town West Mall, Jakarta Pusat Kamis malam (7/6/2017).

Dia pun menjelaskan secara keseluruhan profitabilitas perseroan tetap sehat meskipun terjadi penurunan margin laba kotor akibat kenaikan harga bahan baku utama. Margin laba kotor perusahaan menurun dari 23,9% di kuartal pertama 2016, menjadi 19,9% di kuartal pertama 2017. Margin operasi perusahaan sedikit menurun dari 11,8% di kuartal pertama 2016 menjadi 9,7% di kuartal pertama 2017 lantaran beban operasi dalam persentase terhadap penjualan menurun.

Menurutnya, dibandingkan dengan kuartal pertama 2016, perseroan menghasilkan laba operasi yang lebih rendah dan kurs mata uang asing yang juga lebih rendah di periode sama tahun ini, sehingga menghasilkan laba bersih yang lebih rendah sebesar Rp 216 miliar pada kuartal pertama 2017 dibandingkan Rp 338 miliar di kuartal pertama 2016.

Loading...