Kue Pancong Manis, Camilan Tradisional Yang Ngangenin

Banyak varian Gandos atau yang lebih dikenal sebagai Kue Pancong dengan nama lain di setiap daerah dan dua rasa yang berbeda. Salah satunya adalah Kue Pancong manis…

Kue Pancong adalah salah satu penganan tradisional yang sudah ada sejak dahulu. Di beberapa daerah, kue ini dikenal dengan beberapa nama, seperti di Surabaya menyebutnya Rangin, orang Betawi menamakannya Kue Pancong, di Bandung dikenal dengan nama Bandros, orang Bojonegoro mengatakan Tratak Jaran, dan orang Bali memberi nama Daluman.

Ada beberapa olahan dalam keluarga kue yang berbentuk melengkung ini, yaitu Kue Pancong dengan rasa gurih dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa sehingga rasanya jadi gurih. Namun buat penyuka manis biasa ditaburi gula pasir. Ada pula Kue Pancong manis yang terbuat dari tepung terigu.

 

Saat ini, kue pancong manis tak hanya menawarkan rasa original, tapi juga ada topping dengan taburan cokelat, keju dan sebagainya seperti yang ditawarkan oleh Pancong Rest Coffee yang terletak di jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender Jakarta Timur.

Pancong Rest Coffee yang berdiri sejak tahun 80-an dengan mengawalinya sebagai warung kopi ini setiap harinya ramai dikunjungi pengunjung yang didominasi oleh anak muda. Terlebih pada saat malam minggu, Sobat Zonbie harus rela antri untuk dapat memesan dan menikmati kue pancong khas Bandung tersebut.