Kupas Kunci Kenyamanan dan Handling Honda Forza 250, Ternyata Ada di Ban ‘Belang’ dan Wheelbasenya

Honda Forza 250 memang sudah meluncur di sela perhelatan GIIAS 2018 beberapa waktu lalu, tapi masih banyak hal menarik yang masih bikin penasaran Sob. Salah satunya soal diameter ban depan dan belakang.

Seperti diketahui, ban depannya memakai ukuran 15 inci dan belakangnya justru lebih kecil 14 inci. Ukuran ban depan pakai 120/70-15M/C 56P sedang yang ban belakang 140/70-14M/C 62P. Hal ini tentu punya alasan tersendiri, apa itu?

Loading...


Ternyata dijelaskan oleh Hiroshi Yamada, Large Project Leader Honda Forza 250, Honda R&D Co., Ltd, jika aplikasi ban berdiameter ‘belang’ ini berkaitan dengan handling dan kenyamanan berkendara.

“Ban depan diameternya lebih besar agar mampu meredam getaran dengan lebih baik dan lebih mudah dikendalikan. Sedangkan ban belakang diameternya lebih kecil, tapi memiliki tapak yang lebar untuk menunjang kenyamanan,” urainya.

Loading...


Kemampuan ban tersebut tentu ditopang penunjang kaki-kaki lainnya. Seperti suspensi yang bertipe teleskopik pendek di depan dan dual shock bersettingan preload di belakang. Serta ukuran wheelbase yang lebih pendek ketimbang versi sebelumnya, yakni 1.510 mm. Inilah yang jadi kunci handling dan kenyamanan Honda Forza 250.

Comments are closed.