Kupas Tuntas PCX 160, Dengan Harga Cuma Rp 30-an Juta Ini Sih Gila

Sejarah Honda PCX All New PCX 160 2021 - HSTC - Kredit Motor Honda

Hadirnya All New PCX 160 2021 benar-benar jadi kejutan. Untuk kali pertama dalam sejarah, PT Astra Honda Motor (AHM) membandrol produknya dengan harga yang sangat kompetitif bahkan bisa dibilang murah.

Secara mengejutkan AHM membandrol PCX 160 2021 Rp 30,350,000 untuk tipe CBS dan Rp 33.950,000 untuk tipe ABS. Sementara untuk PCX e:EHV Rp 43,550,000.

Pada generasi terbaru ini, Honda benar-benar telah melakukan rombakan total untuk memenuhi keinginan konsumen yang mungkin merasa kurang puas dengan PCX generasi terdahulu.

Loading...


Selain itu, perombakan total itu pun dilakukan untuk mendongkrak daya saing PCX di kelas skuter premium dimana rival utamanya adalah Nmax 155. Dengan senjata baru yang diusung PCX, persaingan merebut hati konsumen antara PCX dan NMax tentu akan semakin keras.

PCX model 2021 benar-benar hadir dengan desain dan tampilan baru, dijejali beragam fitur dan teknologi baru dan harga yang lebih kompetitif. Lantas apa saja rombakan yang dilakukan Honda pada PCX dan mengapa itu dilakukan Honda ?

Oke, mari kita bahas satu persatu detil PCX 160.

Masih Mempertahankan Karakter PCX

Loading...


Fitur dan Teknologi All New PCX 160

 

Meski hadir dengan serangkaian perubahan baru, Honda tetap mempertahankan karakter PCX sebagai benang merah dari generasi ke generasi. Namanya merupakan identitas, didesain secara jelas, dengan kata kunci Personal Comfort Saloon sebagai nama PCX. Tentunya harus mempertahankan kenyaman dan tak melelahkan untuk penggunaan harian.

Jadi PCX bukan sekedar motor yang cuma bicara tentang kecepatan, tapi juga untuk mencapai kenyamanan dan keamanan berkendara.

Loading...


“Untuk generasi ke-3 di generasi sebelumnya dan generasi ke-4 dari PCX saat ini, kami telah menyadari bahwa hadir pengunaan yang dapat mencakup situasi apa pun mulai dari perjalanan / sekolah hingga turing dan kecepatan tinggi,” kata Junpei Omori, Chief Engineer Honda.

“PCX baru-baru ini menarik pengguna yang mengendarai sepeda motor untuk pertama kalinya di usia belasan dan 20-an, jadi kami ingin memperluas market sepeda motor ini, jadi kami mengembangkannya dengan tujuan menciptakan produk yang akan memenuhi berbagai situasi yang lebih luas,“ lanjutnya.

Sasis Baru Yang Lebih Ringan

Loading...


sasis All New PCX 160

Selain untuk menekan bobotnya agar lebih ringan, sasis baru yang digunakan PCX 160 2021 bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan, kelincahan dan kestabilan berkendara di semua rentang kecepatan. Selain itu, perombakan sasis juga ada kaitanya dengan berubahan mesin PCX. Honda membuat mesin baru dengan posisi mounting atau tautan ke rangka yang juga berubah.

Perubahan rangkanya pun memengaruhi peningkatan fungsionalitas PCX. Kapasitas ruang penyimpanan di bawah jok jadi lebih luas. Jika sebelumnya kapasitas bagasi 28 liter, berkat perubahan struktur rangka kini kapasitas bagasinya menjadi 30 liter.

Loading...


Selain perluasan ruang penyimpanan di bawah jok, Honda juga menambah ukuran kompartemen pada area dek di bawah stang. Ruang penyimpanan di bawah stang ini kini berukuran 1,7 liter.

Mesin Yang Benar-benar Baru

 

Mesin All New PCX 160

Loading...


Pertanyaan terbesar mungkin akan tertuju pada bagian mesin. Mengapa Honda mengubahnya dari 150 cc menjadi 160 cc.?

Sektor ini sangat jelas terlihat untuk memperkuat posisi PCX dalam persaingan pasar sepeda motor di kelasnya. Seperti kita ketahui, Nmax unggul dengan kapasitas mesin 155 cc sementara PCX generasi sebelumnya 150 cc. Untuk itu, perubahan kapasitas yang turut mengubah label PCX 150 jadi PCX 160 tentu akan jadi senjata baru untuk memikat hati konsumen.

Bahkan Honda sendiri mengakui bahwa perubahan kapasitas mesin tersebut bertujuan untuk mendobrak daya saing memenuhi tuntutan pasar. “Dengan munculnya produk pesaing dan perubahan nilai serta tuntutan pasar, sementara kami masih harus tetap mengekspresikan pengalaman berkendara yang nyaman,” kata Junpei Omori.

Loading...


Pelek Belakang PCX 160

Honda menyebut mesin barunya dengan eSP+. Ukuran Bore x Stroke : 60,0×55,5 mm, kompresi 12:1 dan menggunakan 4 valve. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 12 kW [15,8 hp] pada 8.500 rpm dan torsi 15 Nm pada 6,500 rpm. Selain dari kubikasi mesinnya, penyempurnaan material bearing pada crankshaft PCX 150 yang mampu menahan gesekan lebih baik pada putaran tinggi, diklaim sebagai salah satu faktor peningkatan tenaga dan torsinya.

Honda juga menyematkan Oli Jet Piston (OJP) pada mesin PCX 160. Teknologi ini digunakan di mesin CRF450R. OJP akan membuat pendinginan komponen lebih baik dan membuat mesin bekerja lebih optimal.

Loading...


Honda juga mengaplikasikan Hydraulic Cam Chain (HCC) yang akan memberikan variasi kerja tensioner lifter yang bekerja mengendalikan ketegangan rantai keteng. Pada bagian CVT, pulley penggerak dibuat lebih besar serta penyempurnaan pada poros transmisi.

Di sektor kenyamanan berkendara, Honda tetap mempertahankan posisi berkendara yang bisa disesuaikan melalui tinggi jok dan pijakan kaki. Pada pijakan kaki, ada penambahan ukuran lebar khususnya di area depan sehingga memungkinkan kaki pengendara bisa berselonjor lebih nyaman.

Di sisi lain, perubahan mesin pun bertujuan untuk memenuhi standar emisi gas buang Euro5 sehingga PCX 160 dapat menembus pasar global khususnya Eropa yang dikenal sangat ketat untuk urusan emisi.

Loading...


Desain Pelek dan Ukuran Ban Baru

Honda PCX 160 dibekali desain pelek aluminium baru berukuran 14 inch dengan lebar 2,75 inch pada bagian depan dan 13 inch dengan lebar 3,50 inch pada bagian belakang.

Loading...


Perubahan pelek pun diikuti dengan perubahan ukuran ban. Jika sebelumnya ban PCX 150 berukuran 100 / 80-14 di bagian depan dan 120 / 70-14 di bagian belakang, pada PCX 160 ukurannya menjadi 110 / 70-14 depan dan 130 / 70-13 belakang.

Perubahan ukuran roda bertujuan untuk memberikan tingkat peredaman yang lebih baik bersamaan dengan kinerja suspensi belakangnya. Tujuannya jelas, demi kenyamanan berkendara yang lebih maksimal.

Loading...


“Semua ban berdiameter lebih kecil ditugaskan untuk stroke. Namun dengan menambah lebar dan volume udara karena diameter yang lebih kecil, ban juga akan menyerap guncangan.“

Fitur ABS, HSTC, ISS

Fitur dan Teknologi All New PCX 160 - Speedo Meter All New PCX 160

Loading...


Fitur Anti-lock Braking System disematkan Honda pada roda depan saja. Mengapa tak dibenamkan di kedua rodanya ? Sebenarnya bukan perkara sulit bagi Honda untuk mengaplikasikan ABS pada roda depan dan belakang. Tapi tentu saja akan berimbas pada harga jual yang lebih tinggi.

Lagi pula, potensi kecelakaan terbesar terjadi saat roda depan terkunci. Honda pun memilih untuk mengutamakan pemasangan ABS pada roda depan sehingga dua faktor penting bisa dicapai sekaligus yakni keamanan berkendara dan harga kompetitif.

Selain ABS, Honda pun membenamkan fitur HSTC atau Honda Selection Torque Control yang semakin meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara. Fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Loading...


Dengan HSTC, tentu akan meningkatkan keamanan dan kestabilan berkendara saat melewati jalan licin, berpasir atau gravel. HSTC merupakan fitur yang sudah diaplikasi pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti; Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750 dan Forza. Kini fitur tersebut hadir pada PCX 160.

Seperti kita ketahui, fitur ISS atau Idling Stop System bekerja mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti minimal selama 3 detik.

Dengan begitu, konsumsi bahan bakar yang terbuang sia-sia saat motor berhenti di lampu merah atau di tengah kemacetan dapat ditekan. Sejurus dengan itu, emisi gas buang sisa pembakaran pun dapat ditekan sehingga motor jadi lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Loading...


Fitur lainnya yang membuat PCX 160 terlihat lebih mewah dan elegan adalah pengaplikasian teknologi LED dan tampilan panel instrumen baru. LED tersemat di semua bagian pencahayaan PCX 160. Seperti pada lampu depan dan belakang yang telah mendapat perubahan desain.

Tak ketinggala, power outlet yang telah menggunakan port USB type C untuk pengisian daya baterai gadget.

Loading...


3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here