Laia Sanz, Pebalap Wanita Penakluk Rally Dakar

Dengan rute panjang dan trek menantang, sejatinya ajang balap Rally Dakar seolah hanya dikhususkan kaum lelaki saja. Namun jangan salah, ada pula pebalap wanita yang berani menaklukan ganasnya Rally Dakar. Seperti Laia Sanz ini.

Meski wanita, tapi jangan anggap remeh kemampuan pereli asal Spanyol tersebut. Karena wakil tim KTM Factory Racing ini memegang prestasi dengan menjuarai Rally Dakar kelas wanita selama tiga tahun berturut sejak 2011 silam.

Sedangkan mulai 2014 hingga sekarang yang tak lagi melombakan kelas khusus wanita, prestasi Laia juga tak terbilang buruk di mana sempat memegang posisi 9 besar di tahun 2015.

Prestasi lain dari Laia yang juga turun di balap Women’s Enduro World Championship adalah menjadi pemenang di ajang tersebut secara berturut-turut sejak 2012 hingga 2016.

Namanya juga bertarung dengan trek yang berat, pebalap 32 tahun ini mengakui ada kesulitan yang didapat dalam balapan yang melewati tiga negara, yakni Peru, Bolivia dan Argentina ini. “Ini pekan yang berat dan saya berusaha tak membuat kesalahan. Kesulitan yang saya alami biasanya menjelang 50 km sebelum finish di mana saya kerap sangat kehausan dan ini menjadi kerugian bagi saya,” tutupnya.

Comments
Shares