Friday, September 25, 2020

Larangan Merokok Sambil Mengemudikan Motor Dapat Banyak Dukungan Dari Bikers, Apa Katanya?

Informasi terbaru tentang larangan merokok sambil mengemudikan sepeda motor sedang hangat dibicarakan tiap bikers, kebanyakan bikers setuju dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan PM 12 Tahun 2019 tersebut.

Sudah seharusnya saat berkendara, pengemudi harus fokus dan tidak diperkenankan melakukan hal lain selain mengendalikan kemudi. Termasuk merokok, kegiatan tersebut bisa menyebabkan kecelakaan baik bagi si pengemudi sendiri maupun berdampak kepada orang lain.

Subdit Dikyasa TMC Polda Metro Jaya, AKP Sri Pamuncak mengatakan kegiatan merokok sambil mengemudikan kendaraan utamannya sepeda motor dapat mengganggu konsentrasi pengendara ditambah lagi asap, abu juga bara dari rokok bisa terbang dan mengenai pengendara motor lain.

“Kegiatan mengemudi sambil merokok tentu sangat berbahaya, baik bagi dirinya sendiri maupun kepada pengendara lain. Lebih baik jika ingin merokok menepi dahulu pada tempat yang aman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan” ujarnya.

Mengenai PM 12 tahun 2019 yang mulai diberlakukan per tanggal 11 Maret dimana dalam pasal 6 salah satu butirnya mengatakan “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor,” secara tegas menyatakan larangan merokok sambil mengemudikan sepeda motor sedangkan dalam Undang Undang No 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), larangan merokok tidak secara jelas diungkapkan dalam pasal 106 ayat 1 UU tersebut. Pasal tersebut hanya menegaskan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Baca juga : Peraturan Menteri Perhubungan, Larang Mengemudikan Motor Sambil Merokok

Meskipun demikian peraturan yang dibuat Menteri Perhubungan tersebut mendapat perhatian khusus dan dukungan dari para bikers yang setuju pada peraturan tersebut. Beragam komentar di sosial media mengenai informasi tersebut masuk melalui postingan berita Zonbie berikut kata bikers-bikers tersebut.

“Bagus saya setuju dengan peraturan ini, saya juga perokok tapi gak mau merokok saat berkendara karena sangat merugikan pengendara yang di belakang,abu rokok atau bara kalau kena ke mata bisa berbahaya untuk diri kita mau pun pengendara lainnya. Hentikan merokok saat berkendara, lebih baik berhenti di pinggir jalan sebentar kalo mau merokok.” Komentar akun bernama Yang Xiauty.

“Setuju banget, karena saya sudah pernah merasakan percikan api rokoknya mengenai wajah saya waktu dia sentil abunya. Untungnya saya pakai helm sehingga tidak kena mata saya. Motor dan mobil juga harus disamakan, tidak boleh merokok waktu di perjalanan. Kalau mau merokok, menepi dulu dan udut itu rokok sampai habis, baru setelah itu jalan kembali. Hormati pengguna jalan yang lain. Jika pengendara lain kecelakaan gara-gara percikan bara api rokok anda yang mengenai mata pengendara lain, apakah anda mau datang dan bertanggung jawab. Yang saya tau anda akan pura-pura bego dan pergi begitu saja” komentar dari akun lain bernama Ciang Ch.

Baca juga : Komunitas Motor Ada Dibarisan Terdepan Pelopor Keselamatan Berkendara

Dalam menjalani aturan tersebut Kepolisian Lalu lintas pun telah melakukan tindakan terhadap para pemotor yang melanggar aturan merokok sambil berkendara. Diinformasikan sudah ratusan pemotor yang ditilang hingga saat ini. Semoga dengan adanya aturan ini semakin menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga keselamatan diri sendiri maupun pengendara lain dijalan.

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update

THOR, Semangat Kerja Jadi Semangat Persaudaraan

Nama komunitas ini, THOR. Nama, yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan salah satu figur superhero di Marvel. THOR, merupakan nama komunitas motor yang memiliki...

GCN Chapter Tangerang Kota Rayakan HUT Ke-3 Bersama Adik Asuh

Merayakan hari jadinya yang ke-3, GCN Chapter Tangerang Kota gelar tasyakuran sederhana bersama anak-anak asuh dari Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah. Pada masa pandemi, tidak menyurutkan...

Aksi Sosial Donor Darah HPCI Cisadane Chapter, Sambut HUT HPCI Ke-9

Dalam rangka menyambut hari jadi ke-9 Honda PCX Club Indonesia (HPCI), HPCI Cisadane Chapter gelar aksi sosial donor darah. Sejatinya, kegiatan sosial donor darah ini...

Bilkiss Anak Wedok Rayakan HUT Ke-2, Acaranya Meriah Sob!

Komunitas Ladies Scooter asal Pekalongan, Bilkiss Anak Wedok, rayakan peringatan hari jadinya yang ke-2 tahun. Acara tersebut digelar di Benndoro Coffe (19/09). Acara peringatan ulang...

Kemasan Baru Enduro 4T Racing, Jadi Lebih Ekonomis

PT Pertamina Lubricants kini menghadirkan varian produk pelumas motor Enduro 4T Racing SAE 10W-40 dengan kemasan baru 0.8 Liter yang lebih ekonomis dan efisien. “Hadirnya...