Makanan Penambah Stamina Sebagai Sumber Energi

Sebagai sumber energi, makanan sangat dibutuhkan tubuh manusia sebagai penambah stamina. Terlebih bagi Sobat Zonbie yang usai melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

Makanan penambah stamina dibutuhkan sebagai sumber energi yang berperan dalam menjalankan fungsi otak dan tubuh. Sobat Zonbie dapat memperoleh makanan penambah stamina dengan mengonsumsi asupan yang mengandung karbohidrat, protein, serat dan vitamin.

Stamina adalah kemampuan fisik dan mental untuk berfungsi optimal dalam jangka waktu yang lebih lama. Stamina dibutuhkan demi berlangsungnya segala aktivitas dari yang berbobot ringan hingga berat, dengan durasi singkat hingga lebih panjang. Untuk menopang beragam aktivitas tersebut, Sobat Zonbie memerlukan makanan penambah stamina.

Stamina bisa cepat terkuras ketika tubuh kekurangan energi, maupun setelah melakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak energi, terlebih bila hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, tubuh juga dapat menunjukkan gejala lesu atau lelah.

Langkah tepat mengatasi stamina yang terkuras adalah senantiasa menjalani pola hidup yang sehat. Atau, Sobat Zonbie juga bisa mengonsumsi makanan penambah stamina, yaitu: Nasi, roti, kentang, dan pasta. Atau susu dan produk olahan susu, sumber protein seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Tidak hanya menyehatkan, makanan penambah stamina juga dipercaya mampu menurunkan berat badan. Caranya dengan pola makan seimbang melalui konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, produk olahan susu rendah lemak, gandum utuh, dan protein nabati.

Selain mengonsumsi makanan penambah stamina, Sobat Zonbie juga dapat mengikuti beberapa langkah praktis untuk menambah stamina. Seperti melakukan sarapan pagi, hindari makanan mengandung gula, cukupi makanan yang mengandung zat besi.

Selain dengan mencukupi asupan nutrisi secara seimbang yang mengandung golongan makanan penambah stamina, lengkapi upaya ini dengan pola hidup yang lebih teratur yakni dengan memperbanyak minum air putih minimal 8-10 gelas perhari, mencukupi istirahat dengan tidur paling tidak 6-8 jam perhari, menghindari rokok dan stres, serta berolahraga secara rutin dan teratur.

Sumber: AloDokter

Comments
Shares