Masalah Keuangan

Manajemen Keuangan Komunitas Juga Perlu Diperhatikan Loh Sob, Ini Caranya

Dalam perkembangan sebuah komunitas, manajemen keuangan komunitas juga perlu diperhatikan ya Sob. Hal ini disebabkan manajemen keuangan akan mempengaruhi langkah komunitas kamu berjalan, dengan manajemen keuangan yang baik, potensi berkembangnya sebuah komunitas juga akan semakin besar.

Dalam sebuah komunitas biasanya ada divisi Bendahara yang mengurusi masalah keuangan dari pemasukan hingga pengeluaran semua dicatat dalam buku kas. Bicara tentang uang adalah suatu hal yang sangat sensistif dalam suatu komunitas, semua harus jelas dan sesuai dengan apa yang dilaporkan oleh divisi Bendahara komunitas

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam manajemen keuangan komunitas. Berikut Zonbie bagikan tips manajemen keuangan yang mudah untuk komunitas Sobat Zonbie.

Manajemen Keuangan Komunitas
(foto : istimewa)

Tentukan arah

Hal yang paling dasar agar membuat keuangan komunitas lebih terarah adalah dengan menentukan tujuan yang jelas apa yang menjadi proyek dalam komunitas tersebut. Tentunya dari konsep manajemen keuangan yang merupakan suatu proses dalam pengaturan aktivitas atau suatu kegiatan keuangan di dalam suatu komunitas, yang dimana termasuk didalamnya adalah kegiatan planning, analisa, dan pengendalian terhadap kegiatan keuangan yang biasanya dilakukan oleh Bendahara untuk mengatur keuangan. Jika tujuan sudah jelas, pasti untuk planning program, analisa, dan lain-lainnya akan semakin mudah untuk dibuat.

Menentukan kegiatan komunitas yang tepat

Setelah tujuan kegiatan komunitas sudah ditentukan, cobalah untuk mencari kegiatan yang tepat agar dapat mencapai tujuan tersebut. Dengan kegiatan yang tepat sasaran pastinya juga akan memperkecil pengeluaran keuangan komunitas kedepannya. Sehingga setiap pengeluaran keuangan komunitas juga akan terhindar dari kegiatan yang tidak mempunyai potensi untuk mencapai tujuan kegiatan komunitas tersebut.

Mencari sumber pemasukan yang pasti untuk komunitas

Tentunya di dalam kegiatan komunitas harus ada sumber pemasukan untuk menjalankan tujuan organisasi tersebut. Biasanya sumber yang di dapat bisa melalui kumpulan dana dari setiap anggota setiap bulannya atau menjalankan usaha yang di kelola oleh komunitas tersebut. Menentukan dan mencari sumber yang pasti untuk pemasukan, akan memudahkan untuk merencanakan keuangan komunitas. Jadi jumlah sumber pemasukan yang jelas akan dijadikan tolok ukur untuk pengeluaran setiap kegiatan yang akan dilakukan.

Tentukan pengeluaran yang tepat untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan

Jika setiap kegiatan yang tepat sasaran dan sumber pemasukan sudah jelas, maka langkah selanjutnya hanya mengeksekusi setiap kegiatan yang akan dilakukan dan tentukan berapa pengeluaran yang akan dikeluarkan. Usahakan perhitungkan dengan tepat agar tidak terjadi pemborosan keuangan komunitas dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan.

Catat keuangan dengan rapi

Dengan nmencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dengan rapi maka akan memudahkan memantau setiap perputaran arus keuangan komunitas tersebut. Jika belum mampu mencatat keuangan dengan rapi bisa digunakan aplikasi yang saat ini dapat digunakan secara gratis dengan gadget atau laptop.

Buat laporan secara berkala

Agar lebih transparan karena menyangkut kepentingan orang banyak, divisi Bendahara komunitas perlu membuat laporan keuangan secara berkala bisa sebulan sekali atau setiap semester. Hal ini diperlukan agar semua anggota mengetahui perputaran keuangan komunitas dan menghindari rasa curiga terhadap pengurus komunitas.

Tentunya sebuah komunitas juga akan berkembang bila ada manajemen keuangan komunitas yang baik. Dengan menentukan tujuan yang jelas, disertai dengan kegiatan yang tepat, dan sistem manajemen keuangan yang baik, maka komunitas yang dijalankan juga dapat berkembang dengan maksimal.

Comments
Shares