Wednesday, January 27, 2021

Manfaat Antioksidan Dari Teh dan Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat dari antioksidan bagi tubuh kita Sob, banyak yang tidak tahu bahwa teh dan kopi ternyata memiliki manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh.

Mengutip dari situs alodokter.com, Manfaat antioksidan bagi kesehatan adalah mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan mencegah penyakit tertentu. Selain dari buah dan sayuran, antioksidan juga bisa didapatkan dari kopi dan teh. Kedua minuman ini bahkan mengandung antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi.

Radikal bebas yang berasal dari paparan asap rokok dan asap kendaraan, sinar matahari, serta bahan-bahan kimia beracun bisa merusak susunan DNA dalam sel dan jaringan tubuh, bahkan dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit tertentu, seperti kanker dan penyakit jantung.

Bahaya radikal bebas dapat ditangkal dengan antioksidan. Beberapa jenis makanan dan minuman dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, di antaranya adalah teh dan kopi. Hal tersebut menambah ketenaran kedua jenis minuman yang sudah mendunia ini.

Keistimewaan Teh Melawan Radikal Bebas, berikut adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari minum teh:

  • Teh mengandung banyak polifenol, yaitu zat yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan dan membantu tubuh melawan kanker.
  • Hampir semua jenis teh mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang mampu mencegah terbentuknya sumbatan atau plak dalam pembuluh darah, serta mencegah penyakit jantung.
  • Minum teh bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya bagi tubuh jika jumlahnya berlebihan. Selain itu, teh juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah.
  • Teh hijau dan teh hitam mengandung antioksidan sepuluh kali lebih banyak dibandingkan antioksidan dalam sayur dan buah. Kedua jenis teh ini disebut mampu meningkatkan metabolisme, mencegah reaksi alergi, memperkuat tulang, menghambat pertumbuhan tumor, serta mencegah penyakit diabetes.

Khasiat Kopi dalam Mencegah Berbagai Penyakit

Latest Update