Manfaat Serta Fungsi Assist and Slipper Clutch Pada Motor

Assist and Slipper Clutch

Teknologi yang dulu hanya ditemukan pada sepeda motor bermesin besar, kini bisa dirasakan oleh penguna sepeda motor bermesin 250 cc ke bawah. Seperti pada Honda CB150R dan CBR250RR.

Teknologi itu adalah Assist and Slipper Clutch. Assist dan slipper clutch bekerja pada kondisi berbeda.

Assist clutch bekerja pada saat sepeda motor berakselerasi, sedangkan slipper clutch bekerja pada saat sepeda motor deselerasi.

Pada saat akselerasi Assist clutch berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga dengan menghilangkan power loss pada kopling. Sedangkan saat deselerasi Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi secara extreme.

Dengan teknologi ini beban clutch spring berkurang sehingga beban pengoperasian clutch lever menjadi berkurang.

Manfaat teknologi assist dan slipper clutch bagi pengendara :

  • Dengan adanya assist pada kopling, handel jadi lebih ringan, sehingga tangan tidak mudah lelah ketika di kemacetan
  • Dengan adanya slipper pada kopling, laju sepeda motor akan lebih mudah dikontrol ketika engine brake (deselerasi extrem), karena sistem slipper clutch akan mencegah roda belakang mengunci sehingga tidak akan terjadi slip.
  • Dengan teknologi Assist & Slipper Clutch, komponen gir, rantai dan ban jadi lebih awet karena hentakan saat engine brake berkurang.

Perlu diingat juga yah, agar kopling seluruh komponen sepeda motor tetap dalam kondisi prima dan bisa bekerja dengan sempurna, perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan secara berkala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here