Manfaat Touring Dengan Motor Untuk Kesehatan Fisik dan Otak

Manfaat Touring
Royal Enfield Meteor 350

Touring jelas jadi aktivitas seru dan menyenangkan. Selain itu, kita juga akan dapat banyak hal tak ternilai selama perjalanan jarak jauh tersebut, diantaranya:

Pengalaman

Hal paling menyenangkan saat touring adalah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa, merasakan sejuknya hembusan angin pedesaan serta mengenal lebih dekat budaya dan keramahan masyarakat di kota-kota yang disinggahi.

Loading...


Tak ketinggalan, kenikmatan ragam kuliner khas di tiap daerah.

Selain itu, perjalanan touring juga bisa meningkatkan rasa kekeluargaan yang tinggi, kepedulian sesama, saling berbagi kesenangan dan keceriaan serta mengatasi masalah dalam perjalanan bersama.

Itu semua akan jadi pengelaman yang luar biasa dan tak terlupa.

Loading...


Wawasan Berkendara 

Selain menyenangkan, touring akan memberikan wawasan baru tentang keamanan dan keselamatan berkendara.

Karena pengendara akan menghadapi beragam kondisi jalan dan karakter pengendara di sepanjang perjalanan.

Loading...


Berhadapan dengan situasi dan kondisi seperti itu, kemampuan berkendara akan semakin terasah dan kemampuan mengontrol emosi akan semakin tinggi.

Meningkatkan Kesehatan

Kegiatan bermotor jelas akan meningkatkan kesehatan baik jasmani maupun rohani. Touring dengan motor bisa membuat kekuatan fisik menjadi terlatih, lutut dan paha lebih kuat, mengembangkan otot inti, serta memperkuat otot leher.

Loading...


Selain itu, dari hasil studi yang dilakukan Institute of Neuroscience dan Human Behavior (INHB), mengungkapkan bahwa pengendara motor lebih bebas stres dibandingkan pengemudi mobil.

Dari hasil penelitian, ada hormon kortisol yang akan terbentuk saat otak manusia merasakan stres. Selama pengujian, para ilmuwan menemukan bahwa pengendara motor menghasilkan kortisol 28 persen lebih sedikit dibanding pengendara mobil.

Paham Kebutuhan dan Persiapan

Loading...


Ada kesamaan antara persiapan berkendara harian dan jarak jauh, yakni sama-sama memerlukan persiapan perlengkapan berkendara mumpuni untuk melindungi tubuh.

Sebut saja helm, jaket, sarung tangan dan sepatu riding. Tak ketinggalan, surat-surat berkendara seperti STNK dan SIM yang masih berlaku.

Namun ada persiapan khusus yang harus diperhatikan oleh pengendara sebelum melakukan touring yaitu :

  1. Persiapan fisik dan mental

Pastikan fisik dalam kondisi prima dan mood atau mental yang baik sebelum melakukan touring.

Loading...


Kedua faktor ini sangat penting mengingat pengendara akan menghadapi beragam kondisi dan situasi jalan raya serta beragam karakter pengendara.

Fisik yang bugar akan memberi kekuatan berkendara dalam waktu lama.

Sementara mood dalam kondisi baik akan membantu pengendara mengontrol emosi agar tak mudah tersulut sehingga melakukan hal-hal sembrono yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Loading...


2. Menentukan Rute dan Jarak

Cari informasi sebanyak mungkin tentang rute dan jarak yang akan dilalui.

Hal ini bisa membantu pengendara untuk menentukan titik peristirahatan dan waktu tempuh perjalanan.

Loading...


3. Persiapan Keuangan

Bikers yang akan touring tentu telah menyiapkan sejumlah uang untuk kebutuhan makan, minum, bbm dan penginapan.

Tapi tak ada salahnya untuk mempersiapkan pos-pos kebutuhan keuangan agar pengeluaran tak berlebih dan mengindari kekuarangan uang karena pengerluaran yang tak terkonrol.

Loading...


4. Barang Bawaan

Bawalah barang-barang pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan seperti pakaian ganti, obat-obatan, perlengkapan mandi, jas hujan dan alat komunikasi dalam satu tas.

Bawalah kebutuhan tersebut secukupnya untuk menghindari kelebihan muatan.

Loading...


Jika memungkinkan, gunakan tank bag atau tail bag untuk menghindari kelelahan karena terlalu lama menggendongnya di punggung.

Jika menggunakan motor matik, masukan barang yang tak dibutuhkan selama riding ke dalam box di bawah jok.

5. Tentukan Lokasi Penginapan

Loading...


Hal ini erat kaitannya dengan poin nomor 2, tentang rute dan jarak.

Dengan menentukan rute dan jarak, pengendara tak akan sulit mencari penginapan seperti hotel yang nyaman dan sesuai budget untuk bermalam.

Tentu ada opsi lain untuk menginap selain hotel, yaitu di rumah teman atau sekretariat komunitas motor di daerah.

Loading...


Selain bisa menekan biaya pengeluaran, menginap di rumah teman atau sekretariat komunitas di daerah akan lebih seru. Karena bikers bisa bercengkrama dan berbagi cerita perjalanan bersama teman-teman yang jarang dijumpai.

Jadi, touring tak cuma memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan, tapi juga menambah ilmu dan wawasan dalam berkendara aman dan selamat.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here