Masalah Didalam Komunitas Seperti Ini Harus Dihindari Sob!

Mempertahankan sebuah komunitas bisa dikatakan tidak mudah, Sobat Zonbie harus bisa menyatukan berbagai pemikiran dan pendapat dari beberapa orang. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan suatu masalah didalam komunitas Sob.

Masalah Didalam Komunitas

 

Ada beberapa penyebab masalah didalam komunitas, ada yang ringan dan ada yang berat, masalah-masalah ini pastinya harus segera diselesaikan agar tidak berlarut hingga akan memecah belah kebersamaan dan kekompakkan komunitas Sobat Zonbie.

Apa saja masalah tersebut? Yuk kita ulas satu-persatu melalui artikel ini.

Salah paham

Salah paham seringkali terjadi didalam suatu komunitas, kejadian ini bisa terjadi pada antar anggota, antar pengurus atau bisa juga antar anggota dengan pengurusnya.

Agar tidak terjadi salah paham yang dapat merusak kebersamaan komunitas, segala keputusan komunitas harus melibatkan seluruh pengurus maupun anggota komunitas. Dan setiap pengurus maupun anggota harus mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan komunitas.

Keuangan

Bicara masalah uang sangat riskan, dan masalah keuangan ini yang paling sering menyebabkan suatu komunitas mengalami perpecahan. Kejadian bisa terjadi dari pengurus yang lalai terhadap informasi keuangan komunitas atau bisa juga terjadi pada lingkungan anggota.

Perlu transparasi yang jelas pada masalah keuangan, perlu seseorang yang benar-benar kuat mental dan jujur untuk memegang tanggung jawab keuangan dalam sebuah komunitas.

Ambisi

Setiap manusia memiliki ambisi atau keinginan tersendiri, untuk mencapainya ada yang melakukan dengan cara normal ada juga melakukan dengan cara cepat dengan berbuat curang.

Dalam sebuah komunitas, umumnya ada beberapa orang yang ambisi ingin terlihat lebih dan menonjol dimata yang lainnya. Ada juga yang ambisi, ingin sebagai pemimpin dalam komunitas tersebut. Repotnya saat ambisinya tidak tercapai, maka dengan caranya sendiri orang tersebut mempengaruhi anggota lainnya hingga malah timbul perpecahan.

Perlu penyamaan sebuah persepsi untuk menghindari masalah ini, bahwa setiap anggota dan pengurus adalah sama tidak ada yang membedakan satu sama lainnya. Dan perlu sering diadakan kegiatan yang melibatkan semua anggota komunitas, serta ada rolling kepengurusan atau regenerasi kepengurusan.

Pengurus bermasalah

Pengurus yang bermasalah, ada beberapa hal yang bisa dikategorikan sebagai pengurus yang bermasalah disini, diantaranya adalah pengurus yang tidak mampu membawa komunitasnya, pengurus yang hanya mengejar ambisinya saja atau pengurus yang tidak transparan.

Pastikan Sobat Zonbie memilih sosok yang dapat dipercaya, memiliki pengalaman yang baik, juga orang yang supel didalam kepengurusan komunitas. Kepengurusan juga harus transparan pada segala hal, baik kepada antar pengurus maupun ke anggota. Segala laporan kegiatan dan laporan keuangan komunitas, wajib dilaporkan secara jelas didepan pengurus lain juga anggota.

Komunitas jadi ajang bisnis

Sebetulnya sah saja komunitas dijadikan ajang bisnis bagi Sobat Zonbie, selama kegiatan itu baik dan tidak merugikan anggota komunitas lainnya.

Yang sering terjadi adalah adanya masalah pada transaksi dibisnis tersebut, mulai dari penjual yang tidak jujur hingga pembeli yang tidak membayar.

Perlu campur tangan pengurus untuk mengetahui setiap lini bisnis, baik dilingkungan pengurus maupun anggota, pengurus harus bisa jadi jembatan sekaligus media yang baik dalam bisnis tersebut. Pengurus juga harus mengenali dengan baik, siapa saja yang menjalankan bisnis dalam komunitasnya dan hindari bisnis yang tidak baik.

Minim kegiatan

Komunitas yang kurang dalam hal kegiatan akan menyebabkan suatu masalah didalamnya. Rasa bosan akan hadir disetiap anggota yang pada akhirnya menyebabkan anggota lepas satu-persatu.

Perlu ada rancangan atau agenda kegiatan setiap tahunnya. Usahakan agar kegiatan tersebut merupakan hasil dari ide pemikiran dan merupakan keputusan dari seluruh anggota. Buat suatu inovasi baru dalam setiap kegiatan dan jangan mengulang kegiatan serupa berkali-kali.

Itu tadi beberapa faktor masalah yang biasa terjadi didalam komunitas, perlu kerjasama yang baik antar pengurus, antar anggota juga antar pengurus dengan anggota untuk menghindari segala masalah yang ada. Perlu terus menjaga kekompakan, rasa solidaritas juga silaturahmi agar tidak ada perpecahan dalam komunitas Sobat Zonbie.

Jika ada ide atau masukan yang lain Sobat Zonbie bisa sampaikan di kolom komentar ya.

Comments
Shares