Matchless G45 1955, Eks Tunggangan Ikon Juara Balap Motor Dunia

Matchless Motorcycle Company adalah salah satu perusahaan motor pertama di dunia, yang didirikan pada tahun 1899. Dimana, saat itu mobil sangat jarang terlihat, kebanyakan manusia masih menggunakan alat transportasi kuda atau jalan kaki. Dari awal, perusahaan ini sudah memiliki DNA motor balap. Matchless sendiri adalah nama Trading dari Collier & Son yang didirikan oleh Henry Collier bersama kedua anaknya yaitu Charlie dan Harry, yang mana kedua anak tersebut sangat berbakat untuk menjadi pembalap.

Dengan motor Matchless, Charlie Collier memenangkan kejuaran Man TT single racer pada tahun 1907. Sedangkan saudaranya menang pada event yang sama di tahun 1909. Kemudian Charlie kembali memenangkan kejuaraan tersebut di tahun 1910. Kemenangan-kemenangan yang diraih keduanya berhasil membantu meningkatnya penjualan motor yang mereka produksi.

Pada tahun 1931, Matchless membeli perusahaan motor pesaingnya yaitu AJS. Sebelumnya, Matchless juga telah membeli perusahaan Sunbeam. Kemudian terbentuklah Associated Motor Cycle (AMC) dibawah perusahaan Matchless. Tidak sampai disitu, dengan bendera barunya Matchless juga membeli perusahaan Francis-Barnett dan Norton.

Salah satu produk Matchless yaitu Matchless G45 yang diluncurkan pada tahun 1951 dan diturunkan untuk mengikuti Manx Gran Prix dengan pembalap Robin Sherry dan menduduki juara ke-4. Motor baru dengan basis AJS 7R itu dipasang mesin Matchless G9 roadster yang dimodifikasi dengan penambahan alumunium=alloy cylinder barrel dan head baru dengan paduan knalpot model Rocker box. Disusul dengan produk massalnya yang dirilis pada tahun 1953 dengan tambahan fitur cam baru, roller follower, dan GP carburator yang diproduksi sebanyak 80 unit.

Matchless G45 yang dimiliki oleh seorang pembalap asal Afrika Selatan bernama “Beppe”, adalah salah satu motor yang berhasil diselamatkan hingga sekarang. Dulunya, Beppe sering sekali menggunakan motor tersebut mengikuti balapan. Sepanjang sejarah, dia mendapatkan gelar juara Grand Prix selama 6 kali dengan julukan Jim Redman. Redman adalah salah satu ikon juara balap motor dunia, yang juga menjadi juara Man TT sebanyak 6 kali, dengan total juara yang diraihnya sebanyak 45 kali juara. Kini motor tersebut dilelang di Bonham dengan tafsiran harga kisaran 800 juta hingga 930 juta Rupiah. Ada yang minat?

Comments
Shares