Sunday, September 20, 2020

Maverick Vinales Juara di Seri Pertama

Must read

Maverick Vinales memulai debutnya bersama tim Yamaha dengan manis. Ia bertarung dengan pebalap Ducati, Andrea Dovozioso, untuk merebut kemenangan pertamanya bersama tim baru di sirkuit Losail, Qatar, Minggu [26/3/2017].

Hujan yang turun hanya beberapa menit jelang dimulainya balapan seri pembuka MotoGP 2017 membuat balapan harus ditunda lebih dari 30 menit dan berkurangnya jumlah laps, dari 22 laps menjadi 20 laps. Selain itu, untuk pertama kali warm up lap dilakukan sebanyak 2 putaran.

Balapan dimulai dengan aksi memukau rookie MotoGP Johann Zarco. Secara mengejutkan ia mampu memimpin jalannya balapan setelah melewati beberapa pebalap papan atas yang ada di depannya saat balapan baru saja dimulai. Sayang, pebalap tim Yamaha Tech 3 itu harus meninggalkan balapan lantaran terjatuh di lap ke-7 padahal ia sudah meninggalkan pebalap lain hampir 1 detik di belakangnya.

Andrea Dovizioso yang ada belakang Zarco langsung mengambil alih posisi terdepan. Dengan kekuatan mesin GP17, Dovizioso mempertahankan posisinya dari ancaman pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dan pebalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone.

Iannone yang sempat bertarung di baris depan bersama Marc Marquez harus pasrah kehilangan poin di seri pertama lantaran ban depannya kehilangan grip. Ia pun harus meninggalkan trek Losail tampa poin setelah bertarung selama 11 laps.

Jatuhnya Iannone pun langsung mendongkrak Maverick Vinales dan Valentino Rossi ke posisi 3 dan 4 di belakang Dovizioso dan Marc Marquez.

Vinales yang tampil apik sejak sesi test pra musim dan latihan bebas, mampu menyingkirkan Marquez untuk bertarung dengan Dovizioso menjadi yang terbaik di seri itu. Tak mudah bagi Vinales untuk menempati posisi terdepan.

Vinales sempat mengambil alih posisi terdepan dari Dovi, tapi kekuatan Ducati di trek lurus harus diakui dan ia pun kembali tersingkir ke posisi dua. Vinales tau betul kelemahan Ducati ada di tikungan, ia pun memanfaatkannya untuk kembali memimpin jalannya balapan. Aksi overtake pun berlangsung beberapa kali hingga akhirnya Ducati harus menyerah dari YZR-M1.

Seri pembuka MotoGP di Losail, Qatar, jelas jadi hari paling mengesankan dalam karir balapnya. Tampil apik di sesi test pra musim, pertama kali balapan dengan motor M1, ia berhasil meraih posisi start pertama (pole position) dan berhasil menjadi juara di seri pertama.

Sementara itu, Valentino Rossi tak bisa berbuat banyak. Ia hanya menyaksikan rekan baru di tim Movistar Yamaha bertarung dan menang. Namun demikian, finish di posisi 3 bukanlah hasil yang buruk. 16 poin yang dikantonginya jadi modal untuk kembali bertarung merebut gelar juara dunia ke-10 nya di Argentina pada 9 April mendatang.

Yang tak luput dari perhatian adalah rekan satu tim Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo. Berbanding terbalik dengan Dovi yang bertarung di baris depan, Lorenzo harus berjibaku memperbaiki posisinya yang tergusur ke posisi 16.

Pebalap Spanyol itu menyelesaikan balapan di posisi 11 setelah sempat melebar di lap awal hingga ia tergusur ke posisi 16.

- Advertisement -

Latest Update

Kymco AK 550 Sudah Mulai Dijual di Indonesia?

Dealer Kymco yang terletak di jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan, memajang Kymco AK 550. Apakah Maxi skuter ini sudah dijjual? Kymco AK 550, pertama kali...

Sejarah Hells Angels Dari Nama Squadron Terbang PD II

Sobat Zonbie pernah mendengar nama sebuah geng motor bernama Hells Angels? Banyak versi mengenai sejarah Hells Angels, namun yang banyak tercatat di website. Jika Sobat...

BMW G 310 RR Siap Meluncur Akhir Tahun 2020

Pabrikan motor asal Jerman, BMW Motorrad, dikabarkan akan menghadirkan BMW G 310 RR pada akhir tahun 2020 ini. Sebagaimana diketahui, di Tanah Air BMW Motorrad...

Shark Evojet, Helm Modular Dengan Fitur Unik

Pabrikan helm asal Perancis, Shark Helmet, hadirkan varian helm terbarunya yang bernama Shark Evojet. Shark Evojet memiliki fitur yang unik, helm ini masuk dalam kategori...

Astra Financial Serahkan Bantuan Ventilator Kepada Walikota Singkawang

Astra Financial, sebagai salah satu dari tujuh lini bisnis di bawah PT Astra International Tbk, kembali memberi bantuan ventilator. Pemberian bantuan ventilator jadi salah...