Memeriksa dan Merawat Bearing Motor Biar Gak Gampang Rusak

Bearing Motor

Memeriksa dan merawat bearing motor biar gak gampang rusak.

Penting untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan bearing motor secara rutin, supaya potensi terjadinya kerusakan pada komponen penghubung antara As roda dan tromol ini dapat dicegah.

Baca Juga : Tips Pengamanan Motor Dari Aksi Pencurian

Loading...


Permasalahan yang muncul akibat kerusakan bearing motor tak cuma menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, tapi juga berpotensi menimbulkan bahaya. Karena jika bearing bermasasalah atau rusak, ban akan terasa oleng dan motor akan sulit dikendalikan.

Gejala oleng tersebut tak cuma dirasakan oleh pengendara saja, tapi juga penumpang belakang. Untuk mencegah kondisi tersebut, berikut beberapa langkah perawatan dan pemeriksaan bearing ban sepeda motor:

Goyangkan Roda Ke Kiri dan Ke Kanan

Loading...


Lakukanlah pemeriksaan setiap 4000 KM atau sesuai buku panduan pemilik sepeda motor. Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan cara mengoyangkan ban ke kiri dan kanan. Jika roda terasa goyang atau oblak, maka bearing motor sudah rusak.

Baca Juga : Intake Downdraft Untuk Maxi Series dan Vespa Biar Makin Kenceng

Perlu diketahui, bearing motor yang rusak tidak bisa diperbaiki. Jadi bila mengalami kerusakan maka harus segara diganti dengan yang baru.

Loading...


Hindari Menerjang Jalanan Rusak

Saat motor melintasi jalan rusak, speed trap atau lubang di kecepatan tinggi, bearing akan mendapat tekanan berlebih. Hal itu akan mengakibatkan kerusakan pada bentuk dan tingkat presisi bearing.

Baca Juga : Bikers Wajib Tau, Kalau Gejala Ini Muncul Berarti Kampas Kopling Aus

Loading...


Jika itu terjadi, roda akan terasa oleng, pengendalian tak stabil dan stang sulit dibelokkan ke kiri dan ke kanan.

Bukan cuma jadi tak nyaman, tapi juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Periksa Karet Tutup Pelindung

Loading...


Jika mendapati karet tutup pelindung mulai getas atau rusak, ada baiknya segera bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk melakukan penggantian.

Jika kondisi itu dibiarkan, bearing berpotensi kemasukan debu dan air. Debu yang masuk bisa menggangu pergerakan bola baja dan air berpotensi membuat komponen cepat berkarat.

Gunakan Pelumas Yang Tepat

Loading...


Jika dirasa mampu untuk melakukan pelumasan bearing sendiri di rumah, gunakanlah grease atau gemuk yang sesuai spesifikasinya. Jangan terlalu banyak melumurkan gemuk, tapi secukupnya saja.

Pelumasan yang baik dan tepat akan melancarkan pergerakan tiap komponen yang saling bergesekan. Jika tak bisa melakukan sendiri, segera bawa sepeda motor kesayangan ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan perawatan dari mekanik berpengalaman.

Gunakan Genuine Part

Loading...


Jika bearing harus diganti, maka gunakanlah Genuine Part yang kualitasnya sudah teruji. Ada baiknya lakukan penggantian bearing di bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan langsung dari mekanik berpengalaman.

Hal itu untuk mencegah terjadinya kesalahan pemasangan saat melakukan penggantian bearing sendiri. Karena jika terjadi kesalahan pemasangan akan membuat kondisi motor jadi makin parah dan biaya yang dikeluarkan tentu jadi lebih besar.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here