Jack Miller

Didenda 1,000 Euro Oleh Race Direction, Jack Miller Harap Bosnya Mau Membayar Dendanya

Siapa yang tak emosi, ketika semangat sedang membuncah dan keyakinan sedang tinggi-tingginya, tetiba harus mengakhiri balapan lantaran kesalahan orang lain. Mungkin itu yang dirasakan Jack Miller, pebalap Marc VDS Honda yang harus mengakhiri balapan di gravel lantaran terseret motor Alvaro Bautista.

Saking emosinya, sesaat tetelah bangkit dari gravel ia langsung mendekati Bautista dan mendorong kepala pebalap Pull & Bear Aspar Team. Bautista yang berusaha minta maaf tak digubrisnya, bahkan Miller nyaris melayangkan pukulan ke Bautista. Tak bisa memukul Bautista lantaran ia sadar kalau hal itu adalah tindakan yang salah, Miller pun menendang motor Bautista.

Tindakan Miller jelas tak bisa ditolerir, karena dalam balap tindakan main kasar atau kontak fisik adalah haram hukumnya. Akibatnya, race direction pun menjatuhkan sangsi ke pebalap asal Australia itu dengan denda sebesar 1,000 Euro usai menginvestigasi dan mendengarkan keterangan kedua pebalap tersebut.

Putusan yang dilakukan race direction mengacu pada buku regulasi balap Pasal 3.3.2.2 yang menyebutkan : “Tindakan korup atau curang, atau tindakan apapun yang merugikan kepentingan olah raga, dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang terjadi selama sebuah event.”

FIM MotoGP Stewards Panel menilai Miller melakukan pelanggaran karena merugikan kepentingan olahraga dan dianggap sebagai pelanggaran cukup serius. Ia lalu dikenai denda 1.000 euro yang merujuk pada Pasal 3.2.1 dari FIM World Championship Grand Prix Diciplinery and Arbitrarion Code.

Selepas balapan, Miller buka suara. Dia mengaku mendorong Bautista karena frustrasi. Dia merasa akan meraih hasil bagus andai tak terjatuh.

“Saya melakukan start dengan baik dan bisa bertahan di grup depan. Setelah itu, Bautista melakukan manuver agresif padahal saya ada di jalur balap yang benar. Saya khawatir dia telat mengerem dan benar saja. Saat di tikungan, ban depannya selip dan menyenggol saya hingga kami berdua berakhir di gravel,” kata Jack Miller.

“Saya mengakui reaksi saya dengan melakukan dorongan tak tepat setelah terlibat insiden. Tentu race direction melihat insiden saya dengan Bautista, tapi mereka seharusnya melihat aksi dia sebelumnya. Mereka memahami kemarahan saya. Namun, mereka menegaskan saya tak boleh mendorong pebalap lain dan saya tak bisa memberikan jawaban,” ujar Miller.

Miller menghormati dan menerima hukuman dari race direction. Namun, dia berharap sang bos tim, Marc van der Straten, bersedia membayar denda tersebut.

“Saya harus berbicara dengan bos. Semoga saja dia mau melunasi denda saya” harap Miller (Reza Agis)

Comments