Menerobos Jalur Busway

Menerobos Jalur Busway Sambil Tutup Plat Nomor, Polisi Bakal Indentifikasi Wajah Untuk Tangkap Pemotor Ini

Beberapa waktu ini beredar foto viral di jagad maya. Seorang pemotor, menerobos jalur busway yang telah dilengkapi kamera E-TLE di koridor 6. Sadar akan kesalahannya, pemotor tersebut menutup plat nomor motornya dengan tangannya dengan maksud agar tidak tertangkap jepretan kamera.

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Subdirektorat Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, dikutip dari NTMC Polri, mengatakan, pemotor itu tertangkap kamera E-TLE karena menerobos jalur Busway Transjakarta koridor 6, pada Kamis (6/2) pagi.

“(Menerobos) di koridor Transjakarta (halte) Duren Tiga, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ke arah Kuningan,” kata Fahri.

Baca juga : Pemotor Plat Merah Ribut di Jalur Busway Akhirnya Ditilang

Fahri menuturkan meski pemotor itu berusaha menutupi plat nomor kendaraan, pihaknya akan berupaya untuk mencari identitasnya. Caranya, kata Fahri, dengan teknik identifikasi wajah.

“Kita akan lakukan identifikasi melalui pencocokan di kamera lainnya dan ciri wajah yang bersangkutan akan kita profiling melalui database kependudukan,” tuturnya.

Sistem tilang elektronik mulai diterapkan untuk sepeda motor sejak 1 Februari lalu. Penindakan untuk pemotor yang melanggar pun telah dilakukan sejak 3 Februari.

Ditlantas Polda Metro Jaya memasang 12 kamera ETLE yang di Jalan Sudirman-Thamrin dan jalur Transjakarta koridor 6 yang berada di lintas. Kamera-kamera itu merekam pelanggaran pemotor.

Ada sejumlah pelanggaran yang bakal terekam lewat kamera ETLE. Di antaranya, penggunaan helm, pelanggaran rambu, pelanggaran marka jalan, hingga penggunaan ponsel saat berkendara.

Comments
Shares